get app
inews
Aa Read Next : Muchendi Sebut Renovasi Bangunan SMAN 3 Kayuagung Rampung Bersamaan Tahun Ajaran Baru Berjalan

Partai Demokrat Sumsel Bisa Ganti Daftar Bacaleg Mereka, Bila Terjadi Hal Seperti Ini

Kamis, 08 Juni 2023 | 10:45 WIB
header img
Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Partai Demokrat Sumsel memungkinkan mengganti bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki, bacaleg yang sudah disusun pihaknya ini memang masih disusun dengan sistem proporsional terbuka.

“Kawan-kawan Partai Demokrat termasuk yang baru diajak dan mereka berharap sistem ini masih sistem proporsional terbuka. Mengenai nomor urut, ini baru sementara. Karena nanti akan berkoordinasi dengan DPP sambil menunggu pusat, apakah sistem Pemilu 2024 ini proporsional tertutup atau terbuka,” ujar dia.

Muchendi mengungkapkan, terkait apakah nanti ada pergantian bacaleg pada Daftar Caleg Sementara (DCS) yang sudah diserahkan ke KPU, mungkin nanti akan dimanfaatkan momen perbaikan bila memang diperlukan.

Contoh, sambung dia, bila ada bacaleg yang mengundurkan diri, tapi ketika tidak ada yang mengundurkan diri atau meninggal dunia atau juga dobel partai, ini tetap akan diproses sesuai denga napa yang sudah didaftarkan.

“Kecuali memang ada hal-hal yang saya sebut tadi, jadi kita akan memakai revisi dan itu memang sudah ditentukan jadwalnya oleh KPU, mudah-mudahan apa yang sudah kita sampaikan ini memang inilah susunan yang nanti akan jadi Daftar Caleg Tetap (DCT),” ungkap dia.

Wakil Ketua DPRD Sumsel itu menjelaskan, pesan dari DPP Partai Demokrat yang paling utama saat ini terkait Pileg dan Pilpres itu adalah yang paling berkaitan erat dengan Pileg DPR RI. Ini menjadi sorotan khusus dari ketua umum agar Partai Demokrat bisa meningkatkan suara partai dan meningkatkan kursi di level nasional.

“Ini jadi perhatian khusus. Namun kita yakin dan optimis dengan kondisi saat ini, bahwa partai Demokrat untuk mempertahankan kursi yang sudah ada baik di dapil Sumsel I dan Sumsel II bisa mempertahankan itu. Dibuktikan dengan hasil survei hari ini, serta Partai Demokrat juga berusaha dan berjuang agar suara partai dan kursi ini bisa meningkat,” jelas dia.

Nah soal Pilpres, pria yang akrab disapa Endi ini menerangkan, Partai Demokrat Insyaallah sesuai dengan yang disampaikan ketua umum bahwa Partai Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Perubahan Persatuan tentu menudukung capres yang didukung Partai Demokrat saat ini Anies Baswedan.

“Sebagai kader, apapun nanti keputusan yang diputuskan pada koalisi nasional, tentu daerah juga mengikuti apakah nanti AHY (Agus Harimurti Yudhoyoho) ikut serta ataupun tidak, itu sepenuhnya kita serahkan kepada ketua umum untuk membahas itu bersama kawan-kawan koalisi,” terang dia.

Endi yang juga digadang-gadangkan bakal maju pada Pilkada 2024 di Kabupaten OKI itu berharap, mudah-mudahan nanti Partai Demokrat bisa terkena dampak ketika Ketua Umum AHY ini bisa ikut berkontestasi.

“Kalaupun tidak, itu juga harus berjuang lebih ekstra dan maksimal agar partai ini mulai dari tingkatan kabupaten hingga nasional sudah bisa memetakan daerah mana yang potensi bisa menjadi lumbung suara,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut