get app
inews
Aa Read Next : Bantu Korban Banjir dan Erupsi Gunung Marapi, XL Axiata Salurkan Donasi ke Tiga Provinsi

Belerang Keluar dari Gunung Seminung, Ribuan Ikan di Danau Ranau Mabuk

Rabu, 22 Februari 2023 | 14:05 WIB
header img
Fenomena Ikan Mabuk yang naik ke permukaan Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan, Sumsel (FOTO: IST)

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Ribuan ikan yang berada di Danau Ranau, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan ditemukan mabuk usai terkena zat belerang yg keluar dari Gunung Seminung.

Akibatnya, ribuan ikan naik ke permukaan danau tersebut. Salah seorang warga setempat, Sudir mengaku jika fenomena ikan mabuk tersebut sudah dua kali terjadi sejak akhir 2022 lalu. 

Meski demikian, Sudir bersama warga lain mengaku jika fenomena tersebut justru menjadi berkah. Sebab mereka bisa mendapatkan puluhan kilogram ikan dengan menjaring dari pinggir sungai. 

“Ikannya tidak beracun, masih bisa dimakan. Pernah terjadi pada lima tahun lalu, kemudian akhir tahun 2022 dan saat ini,” jelasnya.

Koordinator Dinas Perikanan Kabupaten OKU Selatan Faridah menyebutkan, fenomena ini terjadi di Kecamatan Pematang Ribu Ranau Tengah hingga Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Hal ini terjadi akibat air danau ranau yg meluap dan banyak mengandung belerang. “Fenomena ini tidak mampu diprediksi, kadang setiap tiga tahun hingga lima tahun sekali. namun sekarang terjadi satu tahun sekali," katanya. 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut