get app
inews
Aa
Read Next : Pj Gubernur Agus Fatoni Serahkan Bansos Stunting di Palembang, Ini Respons Pj Wako Ratu Dewa

Pesta Retail Sumatera, Cara SRC Perkuat Ekosistem Toko Kelontong Makin Adaptif dan Inovatif

Minggu, 11 Desember 2022 | 14:45 WIB
header img
Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Head of South Sumatera Zone Sampoerna Dina Arini dan Direktur PT SRCIS Rima Tanago, saat membuka Pesta Retail Sumatera di BKB, Sabtu (10/12/2022).(iNewspalembang/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Pesta Retail Sumatera di Palembang merupakan satu dari pesta retail terbesar di 15 kota di Indonesia yang digelar PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS).

Pesta retail yang digelar mulai 26 November – 18 Desember 2022 itu, untuk merayakan kesuksesan toko kelontong atas berbagai kontribusinya dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Khusus di Palembang sendiri, berhasil menghadirkan lebih dari 10.000 toko kelontong dan didukung berbagai elemen masyarakat.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa menyatakan, karena kehadiran toko kelontong di SRC juga memberi kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

“Kami berterima kasih kepada warga Palembang yang masih setia berbelanja di toko kelontong sehingga perputaran ekonomi tetap terjadi,” ujar dia, pada Pesta Retail Sumatera di Palembang di Benteng Kuto Besar (BKB), Sabtu (10/12/2022).

Head of South Sumatera Zone Sampoerna, Dina Arini Sulistyowati melanjutkan, saat ini jumlah SRC di Sumsel, Bangka Belitung, dan Jambi telah mencapai lebih dari 10.000 toko SRC.

“Saya mengapresiasi dan sangat senang dan bangga disini dapat bertumbuh serta berkembang bersama toko SRC yang tentunya akan membawa perubahan untuk UMKM di Indonesia,” kata dia.

Dina mengungkapkan, sebelumnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menyebutkan UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

“Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional,” ungkap dia.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi menjelaskan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional, sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” jelas Ivan.

Ivan menambahkan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

Sementara, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menuturkan, Pesta Retail Sumatera di Palembang akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di di Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jambi.

“Ini bukti konkret upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya pesta ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” tutur dia.

Rima berharap, kegiatan akbar ini dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Kemudian, memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi.

“Selama Pesta Retail berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya. Ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut