get app
inews
Aa Read Next : Ditunjuk Plt Ketua Askab PSSI Banyuasin, Islah Taufik Sebut Prestasi di Era Bupati Amiruddin Inoed

PSSI dan PT LIB Temui Menpora, Zainudin Amali Beri Angin Segar Soal Berjalannya Liga 1 dan 2

Sabtu, 19 November 2022 | 16:05 WIB
header img
Menpora Zainudin Amali saat menerima diskusi rombongan PSSI dan PT LIB, terkait rencana akan dilanjutkannya kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2022/2023. (iNewspalembang/pssi.otg)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan, hasil diskusi dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), akan dibawa ke Kapolri.

"Hasil dari diskusi ini akan saya diskusikan dengan bapak Kapolri, karena pihak Polri yang punya kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian, dan kita berharap tim nasional kita semakin siap,” ujar dia, usai berdiskusi dengan PSSI dan PT LIB terkait kelanjutan berjalannya Liga 1 2022/2023, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Zainudin mengungkapkan, segera mengusahakan bagaimana kompetisi ini bisa berjalan kembali, tentu dengan perubahan yang mendasar.

“Dengan transformasi yang dilakukan PSSI dan pemerintah, juga dari pihak Polri, mudah-mudahan pengelolaan kompetisi dan pembinaan sepak bola kita secara umum semakin baik," ungkap dia.

Zainudin Amali menjelaskan, pada pertemuan tadi mereka mendiskusikan beberapa hal, khususnya tentang kelanjutan kompetisi. Kemudian, PSSI dan PT LIB ingin menyampaikan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa LIB.

“Juga ada keinginan untuk menyampaikan kepada pemerintah untuk melanjutkan kompetisi. Pemerintah mendengar apa yang disampaikan PSSI dan LIB. Satu hal yang mendasar, kompetisi sekarang dibutuhkan untuk persiapan tim nasional Indonesia,” jelas dia.

“Kita tahu bahwa tahun depan kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kemudian ada juga Piala Asia 2023, kemudian juga ada FIFA Matchday yang kita punya kepentingan terhadap peningkatan peringkat kita di FIFA," timpal dia lagi.

Sementara, PT LIB Ferry Paulus menuturkan, tentang konsep untuk kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2022/2023 termasuk menginformasikan detail opsi yang bisa dipilih untuk kelanjutan kompetisi. Tentu, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi.

Ferry melanjutkan, penentuan tanggal mulai lanjutan Liga 1 dan Liga 2 akan dikoordinasikan dulu dengan banyak pihak. Mulai dari Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai dengan pihak kepolisian.

"Banyak hal yang perlu dikomunikasikan lagi seperti security regulations, komunikasi dengan suporter dan hal-hal lain yang perlu dipahami bersama,” kata dia.

"Pertimbangan utama kita juga tentang jadwal tim nasional baik senior maupun U-20. Jadi liga penting sekali bergulir, sebab dapat mempersiapkan pemain untuk berkompetisi serta kebugaran pemain timnas kita tetap terjaga," tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut