get app
inews
Aa Read Next : Satu Lagi Pemain Belakang Naturalisasi Belanda Resmi Jadi WNI, Miliki Tinggi 191 cm

Komisi III DPR RI Ikut Setujui Naturalisasi Shayne Pattynama, Menpora: Ini Kebutuhan Jangka Pendek!

Rabu, 09 November 2022 | 13:55 WIB
header img
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, saat mengikuti rapat bersama Komisi III DPR RI di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu (9/11/2022). (iNewspalembang.id/pssi.org)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Proses pemberian rekomendasi kewarganegaraan calon pemain naturalisasi Shayne Elian Jay Pattynama terus berjalan lancar.

Setelah sebelumnya Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan terhadap Shayne Pattynama, kini giliran Komisi III DPR RI menyetujui hal tersebut.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir, yang menjadi pimpinan sidang menyatakan, setuju dengan pemberian kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama.

“Komisi III DPR RI menyetujui, untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar dia pada rapat bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumHAM), Menpora Zainudin Amali dan dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu (9/11/2022).

Sementara, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan, langkah naturalisasi kepada calon pemain tim nasional sepakbola ini, merupakan kebutuhan jangka pendek demi mempercepat prestasi tim nasional Indonesia.

“Namun kita tak ingin naturalisasi menjadi satu-satunya opsi meningkatkan prestasi timnas. PSSI, tetap harus mengutamakan pembinaan atlet-atlet muda dalam negeri,” ungkap dia.

Jadi, sambung Amali, memang sangat dibutuhkan pemain-pemain seperti yang sudah dinaturalisasi sebelumnya yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh, ditambah hari ini Shayne Elian Jay Pattynama.

“Tetapi sekali lagi, kita tetap bertumpu kepada pembinaan karena talenta kita tidak kurang, akademi-akademi di klub-klub itu juga melakukan pembinaan,” tegas dia.

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada Komisi III DPR RI. Terlebih Komisi III DPR RI juga telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama.

“Hanya tinggal beberapa proses lagi yang harus diselesaikan. Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga kita bisa melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan timnas Indonesia,” kata dia.

Shayne Pattynama sendiri langsung menyatakan rasa sangat bersyukur. Karena dari proses ini, dia semakin dekat untuk mengabulkan keinginan sang ayah yang sangat menginginkan saya untuk bermain bersama tim nasional Indonesia.

“Mimpi saya dan ayah saya itu sangat besar, saya sangat ingin membela tim nasional Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar,” kata dia.

Shayne sendiri memang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-Yang. Karena saat ini bermain di Liga Eropa di Liga Norwegia bersama Viking FK. Pemain berkebangsaan Belanda ini sudah mencatatkan 26 enam penampilan sejak dikontrak dari musim 2021. Lalu berhasil mencatatkan dua gol meski bermain sebagai posisi bek.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut