get app
inews
Aa Read Next : BNPB : Letusan Gunung Semeru Tidak Sebabkan Tsunami

Dikepung Awan Panas Semeru, Warga Desa Curah Koboan Minta Dievakuasi

Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:36 WIB
header img
Warga Desa Curah Kobokan meminta pertolongan TIm SAR untuk segera dilakukan evakuasi. (istimewa)

MALANG, iNews.id - Letusan Gunung Semeru membuat suasana mencekam masyarakat  desa, khususnya warga Desa Curah Koboan Malang di lereng Gunung Semeru meminta pertolongan  semua pihak, khususnya tim SAR (search and resque), agar sesegera mungkin mengevakuasi warga Desa Curah Koboan.

Hal ini diungkapkan dua warga di dalam video berdurasi 2.20 menit, yang beredar luas di akun twitter Sabtu (4/12/2021). Tampak seorang warga merekam kondisi awan putih menyelimuti desa mereka. 

Sambil nafas terengah warga yang merekam kejadian berbicara. "Subhanallah semoga saudara-saudara kita mohon doanya agar diberi keselamatan," kata dia. 

Lalu ia berkomunikasi dengan temannya yang berjalan di depan.  "Kuat gak pergi kesana ?  ini lahar masih panas, kuat apa gak ?" ia menimpali.

Ia lalu menunggu warga lain dibelakangnya dan mengajak bersama-sama menerobos awan putih panas dari letusan Semeru. "Ayo bareng. Awan yang masih panas, kita mau nekat evakuasi. Hati-hati, teman-teman saudara-saudara  se Indinoesia ini panas," ucapnya. 

Lalu ia menggambarkan suasana di desanya yang berkabut pekat gelap dan banyak rumah warga yang tekena abu.

Warga lainnya juga berpesan sambil menghadap kamera ponsel. "Tim SAR  mohon batuannya, ini keluarga saya tidak bisa keluar di Desa Curah Koboan, masih banyak saudara belum dievakuasi. Ini kami berjuang," katanya sambil berlari kecil.

Video tersebut diunggah akun Twitter Korban Ceklist Satu, video berdurasi 2.20 menit itu, telah ditonton 1.200 kali. Hingga pukul 20.27, hastag #Semeru masih menjadi trending dengan 146.000 tweets, disusul hastag #Malang 24 ribu tweets. 

Seperti diketahui Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (MDPL) meletus, Sabtu, (4/12/2021) pukul 15.00 WIB.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut