get app
inews
Aa Read Next : Buntut Konflik dengan PT KAI, Puluhan Warga Kemang Agung Palembang Datangi Kantor Ombudsman

Kereta Rel Diesel Elektrik Pesanan Ketiga PT KAI Diujicoba

Sabtu, 04 Desember 2021 | 07:24 WIB
header img
Ujicoba kereta rel diesel elektrik pesanan ketiga PT KAI diujicoba di Surabaya. (Foto : humas PT INKA).

SURABAYA, iNews.id - PT INKA (Industri Kereta Api) Persero melakukan ujiucoba Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) yang dipesan PT KAI (Kereta Api Indonesia). KRDE yang diujicoba ini merupakan pesanan ketiga PT KAI.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menjelaskan, INKA melakukan  uji internal KRDE di Surabaya. "PT INKA  melakukan uji dinamis atau test run internal Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE),  ini merupakan pesanan ke-3 dari PT KAI (Persero) sejumlah empat trainset atau rangkaian," kata Budi dilansir dari situs Kementrian BUMN, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya,  pengujian ini bertujuan untuk melihat performansi kereta,  karena persyaratannya  harus lulus uji di jalan 1000 km, dengan  beban-beban beton yang diibaratkan penumpang untuk diuji di kondisi full penumpang. 

 

"Yang kita uji ini yang pasti performa, utamanya adalah kecepatannya kemudian pengeremannya,” Budi menjelaskan.

KRDE ini memiliki mesin penggerak menggunakan diesel elektrik yang dioperasikan  masinis. Adapun susunan setiap trainset-nya terdiri dari TeC1 (Trailer engine Cabin) - M (Motor) - T (Trailer) - TeC2 (Trailer engine cabin).

Ia mengungkapkan,  KDRE pertama yang dipesan PT KAI  dioperasikan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pesanan  kedua   dioperasikan untuk Bandara Internasional Adi Somarmo (BIAS). 
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut