get app
inews
Aa Read Next : Potensi Wakaf Tunai Indonesia Rp180 Triliun, Realisasinya Minim 

Bamsoet : Vaksinasi Ideologi Upaya  Tangkal  Radikalisme dan Terorisme 

Kamis, 02 Desember 2021 | 06:20 WIB
header img
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai vaksinasi ideologi dapat menangkal ancaman radikalisme dan terorisme (foto : humas MPR RI)

JAKARTA, iNews.id  - Radikalisme dan terorisme masih menjadi ancaman kebangsaan, program vaksinasi ideologi Empat Pilar MPR RI salah satu upaya untuk menangkal ancaman tersebut.

Demikian ditegaskan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), dilansir dari laman resmi MPR, Kamis (2/12/2021). Ia mengatakan, berdasarkan laporan tahunan  Indeks Terorisme Global, tahun lalu Indonesia berada di peringkat ke-37, atau dalam kategori 'medium terdampak terorisme.' 

Lalu,  hasil survey Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan, tren potensi radikalisme di Indonesia pada tahun 2017 tercatat sebesar 55,2 persen (kategori sedang), tahun 2019 turun menjadi 38,4 persen (kategori rendah), dan tahun 2020 turun kembali menjadi 14 persen (kategori sangat rendah).

 Kendati tren potensi radikalisme menurun, pihaknya  prihatin  dari aspek 'tingkat kenekatan', manifestasi  paham radikalisme  lebih mengkhawatirkan. "Misal   adanya aksi bom bunuh diri yang melibatkan wanita dan anak-anak," kata Bamsoet dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama Pimpinan Daerah Kolektif Kosgoro 1957 DKI Jakarta, secara virtual di Jakarta, Selasa (1/12/21).

Ia mengatakan, paham radikalisme tidak semata-mata terdistribusi melalui proses indoktrinasi yang dilakukan secara langsung, atau melalui pendekatan konvensional lainnya. 

Perkembangan teknologi informasi memungkinkan paparan paham radikalisme dapat dijangkau dan diakses, hanya dalam batas sentuhan jari di layar smartphone (ponsel pintar). 

"Terutama di masa pandemi Covid-19, ketika berbagai aktivitas sosial mengalami pembatasan, justru menjadi pintu masuk dan membuka peluang bagi propaganda dan indoktrinasi paham radikalisme dan terorisme melalui dunia maya," ucap Ketua DPR RI ke-20 ini.

Tantangan menghadapi paham radikalisme bukanlah  gampang, pandemi Covid-19 berpotensi mendorong tumbuh suburnya radikalisme sebagai solusi instan dan pelarian dari berbagai himpitan persoalan,  tekanan dan beban kehidupan.

"Fakta sosiologis,  Indonesia sebuah bangsa dengan tingkat heterogenitas yang tinggi, menjadikan kita berada dalam posisi rentan dari ancaman potensi konflik,"  Bamsoet menuturkan.

Tak hanya  aspek propaganda dan indoktrinasi, teknologi informasi juga dimanfaatkan kalangan teroris untuk menggalang dana guna mendukung aktivitas terorisme.  BNPT mencatat selama pandemi terdapat kenaikan 101 persen transaksi keuangan mencurigakan, yang diduga kuat terkait aktivitas terorisme. Internet telah menjadi 'senjata baru' dalam penyebaran paham radikalisme dan terorisme.

"Remaja wanita  di Inggris atau Australia, dapat dengan mudah bergabung  ISIS  di Irak. Lalu, kasus wanita muda  menyerang  Mabes Polri  diduga kuat  terpapar ideologi ISIS dari internet," katanya. 

Strategi menangkal ancaman radikalisme dan terorisme memerlukan pendekatan  bersifat soft power. Karena  upaya deradikalisasi tidak akan efektif jika hanya dilakukan secara represif, yang  bersifat 'mengobati' secara instan, tetapi belum tentu mencabut akar persoalan.

"Semangat Tri Dharma Kosgoro 1957 yang terdiri dari pengabdian, kerakyatan dan solidaritas, adalah bagian tidak terpisahkan dari program vaksinasi ideologi Empat Pilar MPR RI untuk membangun imunitas kebangsaan dan jati diri," kata Bamsoet. 

Gelombang tantangan kebangsaan  datang silih berganti dalam berbagai dimensi dan fenomena, menuntut adanya keteguhan soliditas dan solidaritas kebangsaan. "Nilai-nilai pengabdian, kerakyatan dan solidaritas ini  akan menghimpun kita dalam satu ikatan komitmen kebangsaan,"  Bamsoet memungkasi. 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut