get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Gubernur Sumsel 2024, Dukungan untuk Herman Deru Muncul dari Forum Amal Sumsel

Sumsel Pamerkan Ratusan Benda Sejarah Temuan Sungai Musi 

Rabu, 01 Desember 2021 | 20:51 WIB
header img
Gubernur Sumsel Herman Deru membuka pameran benda bersejarah temuan dari Sungai Musi, di Museum Negeri Sumsel. (Foto : Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Ratusan benda-benda sejarah yang ditemukan di bawah Sungai Musi dipamerkan di  Museum Negeri Sumsel, Gubernur Sumsel Herman Deru berharap temuan Sungai Musi menjadi salah satu destinasi wisata di Sumsel.

Acara Pameran Bersama se Sumsel tahun 2021, digelar di Museum Negeri Sumatera Selatan  di  Srijaya 1 km 5,5 Rabu (1/12/2021) petang, mengambil tema menyusuri khazanah sejarah budaya dan kearifan lokal Sumsel. 

Pameran  yang digelar mulai dari 1 - 7 Desember 2021, menampilkan pajangan-pajangan bersejarah mulai dari perahu, guci, mangkok, piring, keris hingga hiasan kepala dan lainnya. 

Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan,    pameran ini  dirancang secara serius dan  terbuka untuk publik, pemerintah ingin menanamkan nilai-nilai sejarah dan membangun karakter generasi penerus bangsa yang berbudaya.

Pameran  juga bertujuan membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap warisan sejarah, budaya, dan kearifan lokal. "Kami ingin memperkenalkan  warisan ini  baik ke tingkat nasional maupun internasional,” kata Gubernur Deru.

Menurutnya, pameran ini tidak hanya dilihat dari sisi kuantitas saja namun  juga kualitas, pameran  ini untuk mencari jejak sejarah. "Tidak akan ada masa kini, tanpa adanya masa lalu,”  Gubernur  menuturkan.

Gubernur berharap  semua pihak baik  masyarakat dan pengurus museum, mengikuti perkembangan teknologi dan informatika dengan memanfaatkan media sosial untuk mempublikasi hal menarik di museum ini. Ia berharap pameran temuan dari Sungai Musi ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata.

“Tolak ukur keberhasilan pameran ini adalah respon dan antusias masyarakat," ucap Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal dalam mengungkapkan,  pameran bersama ini menampilkan  sekitar 200 buah koleksi benda-benda bersejarah. 

Koleksi yang dipamerkan hanya  sebagian kecil saja,  dibandingkan  jumlah koleksi yang dimiliki  museum yang saat ini telah memiliki kisaran 16.004 buah koleksi benda sejarah dari ke-22 peserta pameran ini. 

“Betapa kayanya provinsi kita ini akan warisan sejarah, budaya, dan kearifan lokal. Mulai dari masa pra-aksara hingga saat ini, warisan ini tidak hanya dari kota Palembang, tetapi juga dari semua 17 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumsel,” Aufa mengungkapkan.
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut