Ini Dampak Kondisi Timnas Indonesia Terkait Penundaan FIFA U20 World Cup 2023

Sidra
.
Kamis, 08 September 2022 | 16:15 WIB
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan keterangan pers usai mengikuti Ratas Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023 yang dipimpin langsung Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/9/2022). (iNewspalembang.id/Humas Setkab)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan, penundaan pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 2023 berdampak pada komposisi pemain.

“Sejumlah pemain yang semula dipersiapkan untuk berlaga di tahun 2021 tidak lagi memenuhi persyaratan umur untuk berlaga di U-20 pada tahun mendatang sehingga PSSI menyiapkan tim baru yang secara regulasi umur memenuhi syarat untuk berlaga,” ujar dia, dalam keterangan pers usai mengikuti Ratas mengenai Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2023 yang dipimpin langsung Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Iriawan mengungkapkan, bahwa komposisi pemain yang baru ada 36 orang dan para pemain ini mempunyai tinggi badan cukup tinggi-tinggi, ada yang 197 cm. kemudian, pihaknya akan melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) bagi Timnas U-20.

“Tentu kami meminta dukungan kembali anggaran untuk anak-anak U-20 ini yang masih akan melakukan TC, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri,” ungkap dia.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menjelaskan, rencana mungkin PSSI akan melakukan TC ke Turki, Spanyol, dan kalau memang ada space lagi akan ke Belanda. Semua itu masih akan menunggu nanti ajuan dari pelatih.

Kemudian, sambung Iwan Bule, pihaknya juga tengah melakukan proses naturalisasi sejumlah pemain untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia.

“Ada tujuh pemain naturalisasi yang mungkin kita hire ke negaranya di Belanda, karena semuanya berasal dari Belanda. Dua yang sudah pasti, limanya sedang kita jajaki. Presiden menyampaikan dalam hal ini tidak ada masalah karena itu permintaan dari pihak pelatih,” tandas dia.

Sekada informasi, bahwa Rapat Dewan FIFA pada 24 Oktober 2019 di Shanghai, Cina memutuskan Indonesia sebagai negara tuan rumah untuk pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021. Karena situasi pandemi COVID-19 yang melanda dunia, penyelenggaraan kompetisi ini ditunda sampai ke tahun 2023.

Piala Dunia FIFA U-20 2023 direncanakan akan digelar di enam provinsi sebagai, yaitu di DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini