get app
inews
Aa Read Next : Dear Bestie, Kulit Kusam dan Berjerawat Bisa Teratasi dengan Skincare ini Lho!

Mau Olahraga tapi Kulit Tetap Terjaga? Ini Tips Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 07:05 WIB
header img
Artis Wulan Guritno saat olahraga bersepeda. (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Bagi perempuan, melakukan aktivitas di luar ruangan seperti olahraga dan sebagainya, tentu tidak melupakan semua hal untuk perlindungan kulit.

Seperti yang dilakukan Wulan Guritno saat berolahraga bersepeda bersama rekan dan keluarga, yang memperhatikan perlindungan kulit wajahnya selama di luar ruangan. 

Karena olahraga itu bukan hanya sekadar mencari sehat, konon olahraga di luar ruangan juga meningkatkan hormon endorfin atau perasaan senang.  

Menurut Spesialis Kulit Skin Expert dari Erha Ultimate Anti-aging dr Dian Pratiwi, SpKK, perempuan harus selalu ingat untuk melindungi kulitnya. Karena perempuan harus memahami isu penuaan dini atau aging, kesehatan kulit, dan perawatan yang tepat untuk mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan.

“Pada usia 30-55 tahun sudah muncul permasalahan tanda penuaan pada setiap orang,” kata dr. Dian.

Paparan sinar UV langsung ketika berkegiatan outdoor seperti bersepeda, ungkap Dian, bisa memicu munculnya tanda penuaan dini lebih cepat, seperti garis halus, kerutan, flek hitam, dan melasma.

Ini tips melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat berolahraga: 

1. Sunscreen

Menjadi hal yang wajib bersepeda dan beraktivitas di luar ruangan, penting selalu gunakan tabir surya. Gunakanlah lebih awal dan memberinya waktu untuk meresap ke dalam kulit.

Rekomendasi untuk sebagian besar produk adalah Anda menerapkan setidaknya 15 menit sebelumnya atau 30 menit. Hal itu juga dilakukan oleh komunitas Women’s Cycling Community (WCC).

Komunitas pesepeda perempuan yang diinisiasi oleh Tabitha Sumendap diketahui memiliki minat yang sama sekaligus menjaga tubuh tetap bugar di sela-sela kesibukan sehari-hari.

“Dengan hobi gowes kami menunjukkan perempuan juga strong dan memiliki power. Tapi kulit wajah kami tetap terlindungi,” kata Tabitha dalam kampanye Ageless Limitless belum lama ini.


2. Skincare

Ditambahkan Wulan Guritno selaku Brand Ambassador dari Erha Ultimate Anti Aging, skincare menjadi kunci dirinya awet muda dan percaya diri. Proses penuaan tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia, namun bisa dicegah atau diatasi dengan penanganan yang tepat.

“Mulai sadar dan resah karena di usia 30 muncul kerutan. Tetapi saya tidak merasa terbebani dengan usia. Apa yang saya dapatkan saat ini bukan instan, tetapi perawatan sejak lama,” kata Wulan Guritno.

3. Olahraga di waktu yang tepat

Meski olahraga di luar ruangan sangat membantu kebugaran, ada baiknya Anda memilih waktu yang tepat. Diketahui paparan sinar UV paling kuat ada di pukul 10.00-15.00 WIB.

Jadi ada baiknya Anda menghindari jam tersebut agar kulit wajah Anda terlindungi. Pasalnya meski sudah memakai sunscreen, paparan sinar UV di jam tersebut bisa merusak kulit wajah. 



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut