get app
inews
Aa Read Next : Terbiasa Kerja Berlebihan? Awas, Sejumlah Penyakit Ini Bisa Saja Muncul Tiba-tiba

Hanya 15 Menit, Yuk Cek Tulang dan Jantung untuk Antisipasi Gejala Lebih Awal

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:35 WIB
header img
ilustrasi penyakit jantung. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Ada hal-hal positif yang bisa dicermati selama fase pandemi COVID-19, yang tak lain kesehatan menjadi satu prioritas utama.

Lihat saja, hingga saat ini tidak sedikit dari masyarakat yang melakukan cek kesehatan jantung, tulang, otot, stroke dan lainnya.

Nah menurut CEO RS Premier Bintaro, dr Martha L Siahaan, memang selama pandemi COVID-19 masyarakat mulai sadar dengan kesehatan. Tidak sedikit dari masyarakat mulai memeriksa kesehatan di rumah sakit.

"Kami terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui lima layanan unggulan yakni Ortopedik, Vaksular, Ortopedik Spain, Skin and Laser dan Klinik Sport atau Olahraga," ujar dr Martha L Siahaan belum lama ini.

Bahkan berdasarkan data dari RS Premier Bintaro, sejak Juni 2022, ada sekitar 500 pasien dari semua kalangan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan fasilitas MRI 3 Tesla milik Rumah Sakit Premier Bintaro.

“Sejak bulan lalu ada 500 pasien sudah menggunakan MRI. Tidak hanya orang Tangerang saja, tetapi juga dari luar kota dan sekitaran Tangerang seperti Jakarta,” kata dokter Riris Himawati.

Menurut dr Riris, magnetic resonance imaging atau MRI 3 Tesla dilengkapi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence dan deep learning) untuk membantu pasien mendapatkan pelayanan medis yang berkualitas.

"Algoritma processing MRI 3 Tesla yang dimiliki oleh RS Premier Bintaro saat ini dibuat menyerupai dan bekerja seperti jaringan syaraf manusia," ujar dr Riris. 

Dia menambahkan, misalnya, sudah diajari untuk menganalisa dan memproses 200.000 studi kasus, yang dikenal dengan deep learning, dan akhirnya menjadi pintar serta mempunyai kecerdasan buatan yang disebut artificial intelligence seperti kecerdasan manusia.

Sementara itu, dokter Raditya Utomo mengatakan MRI 3 Tesla membantu dokter melalui komputerisasi. Teknologi ini dapat diterapkan dalam semua organ yang ingin diperiksa, baik tulang belakang, organ dalam rongga perut, otot dan sendi, jantung, otak, bahkan dapat diterapkan pada kondisi ibu hamil yang memerlukan pemeriksaan MRI untuk memeriksa kondisi janin yang sedang dikandungnya.

"Ini tentunya berguna untuk membantu pasien dan dokter dalam mengetahui detail yang tinggi mengenai kondisi organ yang sedang diperiksa sehingga diagnosis yang dihasilkan menjadi akurat dan meyakinkan," kata dokter Raditya.

Selain itu, lanjutnya, terdapat benefit bagi pasien karena pemeriksaan MRI dapat dilakukan dengan sangat cepat, seperti pada pasien stroke dapat selesai dalam 5 menit.

"Rata-rata pemeriksaan MRI rutin adalah 15 - 18 menit (bisa lebih cepat). Khusus kasus stroke, hanya membutuhkan waktu 5 menit sehingga manajemen dan penanganan pasien dapat diberikan lebih cepat dan baik," kata dr Raditya.

Meskipun hanya membutuhkan waktu  5 menit, namun kualitas gambar yang dihasilkan sangat detail, informative, dan memudahkan dokter membuat diagnosis yang meyakinkan. 



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut