get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Jalankan Tugas Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto Pakai Manajemen Pertempuran

Senin, 04 Juli 2022 | 13:25 WIB
header img
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto (ist/Humas Setkab/Rahmat)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto menyatakan, kementerian yang dipimpinnya akan fokus menyelesaikan sertifikat tanah milik rakyat, konflik agraria, serta lahan dan tata ruang di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tiga prioritas tersebut, sambubg Hadi, memang sudah sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Perintahnya, agar program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) sertifikat ini dilanjutkan sesuai dengan target 126 juta, yang saat ini sudah terealisasi sebanyak 80 juta. Kemudian, menyelesaikan konflik agraria. Lalu menyelesaikan tata ruang IKN di Balikpapan,” ujar Hadi, yang jadi pembicara pada Podkabs (Podcast Kabinet dan Setkab), Minggu (03/07/2022).

Untuk menyelesaikan tiga poin tersebut, Hadi membeberkan target, tantangan, hingga strategi dalam mengurai masalah agraria dan tata ruang di tanah air.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, akan menggunakan pendekatan manajemen pertempuran, dalam menjalankan tugas sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, dimulai dari identifikasi hingga penyelesaian masalah.

“Kalau manajemen perang kan ada deteksi, identifikasi, eksekusi. Saya harus melihat situasinya, saya pelajari, saya masuk dari mana, seperti itu. Itu kemarin dalam satu minggu sudah saya laksanakan dan di tiga tempat semuanya berjalan normal, dan selesai masalah di daerah,” jelas dia.

Hadi menyatakan, bahwa komunikasi sosial dalam menyelesaikan masalah agraria di tanah air ini sangat penting. Pendekatan ini, kerap iditerapkannya saat menjadi Panglima TNI.

“Saya berani duduk bersama masyarakat, kemarin saya kunjungan juga di tengah-tengah masyarakat, saya duduk bersama, ngobrol bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah konflik agraria seperti itu,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut