get app
inews
Aa Read Next : Kukuhkan Tim Pemenangan, Herman Deru Ingatkan Jangan Sampai Kena Penyakit Baru Star Syindrome

Musnahkan Arsip OPD, Gubernur Sumsel Ingatkan Hal Ini pada Kepala Dinas

Senin, 27 Juni 2022 | 15:35 WIB
header img
Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua DPRD Sumsel, Anita Noeringhati, dan Kepala Dinas Kearsipan Sumsel Edward Juliartha, saat melakukan pemusnahan arsip di halaman Kantor Arsip Sumsel, Selasa (27/6/2022).

PALEMBANG, iNews.id – Gubernur Sumsel, Herman Deru menyatakan, bahwa sistem digital bisa mendapatkan kemudahan dalam proses pengarsipan dokumen di masing-masing instansi.

Hal itu diutarakan Herman Deru saat Pemusnahan Arsip In aktif OPD di lingkungan Pemprov Sumsel Tahun 2022, di halaman Kantor Dinas Kearsipan Sumsel, Senin (27/6).

Herman Deru mengungkapkan, di era serba digital ini, sudah seharusnya semua aktivitas perkantoran menggunakan teknologi, termasuk di dalamnya penyimpanan arsip yang tidak lagi dilakukan secara manual dan beralih secara metode modern atau digital.

“Sudah seharusnya Dinas Kearsipan lebih jeli dalam pengelolaan arsip. Dari pada membangun gudang arsip lebih baik memanfaatakan kecanggihan teknologi. Dari arsip konvensional ke arsip digital,” ungkap dia.

Herman Deru menjelaskan, jika dulu dokumen untuk mencetak foto melalui proses cuci cetaknya memakan waktu cukup panjang dan rumit. Namun dengan teknologi semua itu bisa lebih dipermudah.

“Saya ingatkan pada jajaran OPD, Insitusi Swasta, dan Lembaga terkait akan pentingnya kesadaran arsip. Karena, pengarsipan merupakan kepentingan bagi seluruh insitusi bagi jangka Panjang,” jelas dia.

Herman Deru mengimbau, pemusnahan arsip ini harus melewati syarat utama pemusnahan, yang artinya arsip yang dimusnahkan memang tidak diperlukan. Karena pengarsipan ini merupakan kegiatan yang penting dan dengan arsip berbagai permasalahan dapat diminimilasir dan mengantisipasi sejak dini.

“Apalagi kemajuan teknologi digital yang kian maju makin mempermudah kegiatan pengarsipan. Saya minta agar Kepala Dinas Kearsipan Sumsel mensosialisasikan berbagai kegiatan terkait pentingnya arsip kepada institusi vertikal,” tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut