Survei Cyrus Network, Elektabilitas HDCU di Pilkada Gubernur Sumsel 2024 Sulit Dikejar Pesaingnya

Deddy S
CEO Cyrus Network, Fadhli MR, saat memaparkan hasil survei Survei Opini Publik Sumsel kepada awak media di Resto Kalpataru Palembang, Minggu (13/10/2024). (iNewspalembang.id/Deddy S)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Tingkat keterpilihan (ektabilitas) Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 01 di Pilkada Gubernur Sumsel 2024, Herman Deru - Cik Ujang (HDCU) diklaim sebesar 64,7%.

Angka tersebut unggul sementara dari pasangan kandidat pesaingnya, yaitu Mawardi Yahya - Anita Noeringhati yang sebesar 15,0% dan Eddy Santana Putra - Riezky Aprilia di 10,3%. 

Ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Cyrus Network terhadap elektabilitas dari tiga pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) pada Pilkada Gubernur (Pilgub) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mendatang.

CEO Cyrus Network, Fadhli MR dalam konferensi pers terkait Laporan Survei Opini Publik Sumsel di Resto Kalpataru Palembang, Minggu (13/10/2024) mengatakan, survei yang dilakukan pihaknya ini menggunakan metode multistage random sampling.

Ditambahkannya, survei berlangsung dari 1-5 Oktober 2024, dengan mengambil sampel sebanyak 1.200 responden, yang tersebar secara proporsional di 120 desa terpilih dari 17 kabupaten/kota. Tingkat kepercayaan (significant level) survei ini 95%, dengan margin of error sebesar +/- 2,89%.

Dengan selisih angka elektabilitas pasangan yang cukup jauh ini menurut Fadhli, dan waktu pencoblosan yang kurang lebih hanya tinggal lima pekan lagi, elektabilitas HDCU sulit untuk dikejar.

"Masih ada waktu sekitar lima minggu yang bisa dimanfaatkan. Namun, dengan melihat selisih angka dan sisa waktu saat ini, sulit bagi penantang untuk dapat mengejar elektabilitas petahana. Sulit bukan berarti tidak mungkin ya," kata Fadhli, Minggu (13/10/2024).

Masih menurut Fadhli, sisa responden yang mengaku belum memutuskan, masih ragu, dan tidak tahu ada 7,2 %, tidak menjawab atau rahasia 2,4 % dan yang tidak memilih 0,4%.

Dijelaskannya pula, dalam pertanyaan terbuka (Top of Mind), nama Herman Deru dianggap masih paling layak dipilih menjadi Gubernur. Angkanya mencapai 55,9%, di bawahnya Mawardi Yahya 10,8 % diikuti Eddy Santana Putra 5,9%.

Dalam pertanyaan tertutup tidak berpasangan, dimana responden diberikan pilihan jawaban. Elektabilitas Cagub Herman Deru 65,1%, Mawardi Yahya 14,1 % dan Eddy Santana Putra 10,7%. Untuk posisi Cawagub, elektabiltas Cik Ujang 42,7 %, Anita Noeringhati 14,2 %, dan Riezky Aprilia 9,1 %.

Fadhli menerangkan, keunggulan Herman Deru, salah satunya karena kinerjanya sebagai gubernur dinilai baik oleh masyarakat Sumsel. Tingkat kepuasan (Aproval Ratting), terhadap kinerja Herman Deru sebagai gubernur mencapai 75,3%.

"Responden yang merasa puas ada 67,4 % dan yang sangat puas 7,9 %, sementara yang tidak puas 18,4% dan sangat tidak puas hanya 2,5%," papar Fadhli.

Dijelaskannya, ketika responden ditanya apakah Herman Deru layak dicalonkan kembali untuk lima tahun ke depan, 71,8 menjawab layak, 11,9 % menjawab sangat layak. Hanya 9,9 % yang menilai tidak layak dan 1,1 % menilai sangat tidak layak.

Penilaian terhadap kinerja Wakil Gubernur Mawardi Yahya juga tergolong baik, meski tidak setinggi gubernur. Sebanyak 55,8 % responden mengaku puas, dan 3,1 % sangat puas terhadap kinerja wakil gubernur, yang mengaku tidak puas ada 20,5% dan 0,7 sangat tidak puas.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network