Akhiri Tahun 2023, Pemprov Sumsel Raih Dua Penghargaan Innovative Government Award

Sidra
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat menerima penghargaan dari Mendagri Muhammad Tito Karnavian, di Gedung SBP, Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Penghujung tahun 2023 menjadi berkah bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, lantaran meraih dua penghargaan dari Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023.

Pada ajang yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut, Pemprov Sumsel mendapat penghargaan untuk kategori Provinsi Terinofatif dan kategori Skor Tertinggi Regional I.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menyatakan sangat bangga atas pencapaian Pemprov Sumsel yang meraih dua penghargaan sekaligus tersebut.

“Sumatera Selatan mendapat penghargaan IGA yang terinovatif nomor satu dari kategori provinsi. Jadi mendapat penghargaan IGA terbaik untuk kategori provinsi,” ujar dia, usai menerima langsung penghargaan dari Mendagri Muhammad Tito Karnavian, di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

“Ini sudah berlangsung beberapa tahun, Sumsel memang langganan mendapat penghargaan ini. Ini membuktikan bahwa di Sumsel iklim inovasi itu telah terjaga,” imbuh dia.

Fatoni mengungkapkan, Pemprov Sumsel sendiri meraih penghargaan IGA tiga tahun berturut-turut, yakni tahun 2021, 2022 dan 2023. Nah pada 2023 ini, Pemprov Sumsel sudah mengeluarkan 214 inovasi baru dan di antaranya menjadi program unggulan.

“Ada sejumlah inovasi yang digital dan non digital. Salah satu unggulannya adalah Sumsel Tanggap dari Dinas Kesehatan, kemudian Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan lain-lain,” ungkap dia.

Selain melakukan inovasi, jelas Fatoni, Pemprov Sumsel juga terus melakukan pembinaan, sosialisasi kepada seluru Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja terkait termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan inovasi. Lalu mendorong para OPD untuk terus mengupdate dan mengupgrade inovasi tersebut.

“Tidak berhenti sampai inovasi saja, tapi perlu dimaintain tiap tahun agar bisa ikut lomba-lomba lagi dan inovasi itu tidak berhenti. Itu untuk menciptakan agar Sumsel itu menjadi budaya, sistem iklimnya itu inovatif,” tandas dia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network