get app
inews
Aa Read Next : Debat Pilkada Palembang 2024, Ini Materi Visi Misi yang Diutarakan Tiga Paslon ke Publik Palembang

Debat Publik Pilkada Muaraenim 2024: HNU Sebut Bangun Akses Darat Muara Belida Selama Jadi Pj Bupati

Senin, 21 Oktober 2024 | 23:35 WIB
header img
Momen empat paslon yang tampil pada Debat Publik Pilkada Muaraenim 2024 yang dihelat KPU di Hotel Novotel Palembang, Senin (21/10/2024) malam. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Ada yang menarik dari Debat Publik Pilkada Muaraenim 2024 yang dihelat KPU di Hotel Novotel Palembang, Senin (21/10/2024) malam.

Karena tak jarang, Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 03 H Nasrun Umar - Lia Anggraini (HNU-LIA) menjadi sasaran pertanyaan bernada kritis dari tiga paslon lainnya. Terlebih, selama kurang lebih 1,5 tahun belakangan sempat menjabat Pj Bupati Muaraenim.

Seperti yang dilontarkan Paslon Nomor Urut 04, Ramlan Holdan-Ropi Alex Chandra (RAPI) mempertanyakan apa saja yang pernah dikerjakan HNU selama menjabat Pj Bupati Muaraenim dimasa itu, menanggapi sub tema terkait peningkatan tata kelola transportasi yang dipaparkan Paslon (HNU-LIA).

HNU menyampaikan, selama 1,5 tahun menjabat Pj Bupati Muaraenim telah membangun akses jalan darat di Kecamatan Muara Belida yang selama ini hanya dapat diakses transportasi air.

"Kalau jalan itu pun belum cukup, kami akan siapkan transportasi air sebagai alat transportasi alternatif nantinya. Karena Kecamatan Muara Belida merupakan lumbung pangan Kabupaten Muaraenim, dan akan kembalikan sebagai lumbung pangan kami terpilih nantinya,” ujar dia.

Selain itu, papar HNU, jaringan transportasi merupakan jaringan primer yang dibutuhkan masyarakat. Karenanya selama 1,5 tahun menjabat Pj Bupati Muaraenim, dia pula melakukan pemetaan terhadap jaringan-jaringan lintas, baik sungai maupun darat.

“Insya Allah, ketika Muara Belida menjadi daerah yang terkooptasi hanya melalui air, kami akan melepaskan daerah yang terkooptasi hanya melalui jalur (transportasi) air tadi melalui jalur transportasi darat,” papar dia.

Mantan Sekda Sumsel itu memastikan, progres pengembangan tata kelola transportasi di wilayah yang hanya dapat di akses melalui jalur air ke jalur darat itu, tak akan memakan waktu lama, karena sudah ada jalur-jalur perintis yang dibangun.  

Tak hanya itu, HNU juga berjanji akan melakukan pemeliharaan dan peningkatan sarana transportasi air, di wilayah Kecamatan Muara Belida, jika itu dinilai masih dibutuhkan, seperti melakukan perbaikan dermaga-dermaga di sana.

Untuk diketahui, kontestasi Pilkada Kabupaten Muaraenim sendiri diikuti empat Paslon masing-masing nomor urut 1 H Ahmad Rifai - Shinta Paramita Sari (AL SHINTA), nomor urut 2 Edison - Sumarni (SONNI), nomor urut 3 H Nasrun Umar - Lia Anggraini (HNU-LIA), dan nomor urut 4 Ramlan Holdan - Ropi Alex Chandra (RAPI).

Sementara, Ketua KPU Muaraenim, Rohani menjelaskan, Debat Publik Pilkada Muaraenim 2024 putaran pertama yang digelar pihaknya ini, merupakan tahapan dari pelaksanaan Pilkada Muaraenin 2024, untuk memberi kesempatan pada masing-masing Paslon memperkenalkan visi-misi ataupun gagasannya.

"Dan kita, khususnya warga Kabupaten Muaraenim dapat melihat secara langsung para calon yang akan dipilih pada 27 November 2024, nanti,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut