get app
inews
Aa Read Next : Wapres Ma’ruf Amin Sebut Upacara HUT RI Tahun Ini Punya Dua Kesan Mendalam

Soal Transportasi IKN, Menhub Budi Karya Klaim Kereta Api Ringan Mulai Uji Coba 5 Agustus 2024

Senin, 29 Juli 2024 | 13:25 WIB
header img
Menteri PUPR yang juga Plt OIKN, Basuki Hadimuljono dan Menhub Mudi Karya Sumadi, beserta jajaran OIKN memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Garuda, Penajam Paser Utara, Senin (29/07/2024).(iNewspalembang.id/BPMI Setpres)

PENAJAM PASER UTARA, iNewspalembang.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, bahwa kereta api ringan (ART) telah tiba di Balikpapan dan akan memulai uji coba pada 5 Agustus 2024.

Hal tersebut diutarakan Budi Karya usai melaporkan kemajuan terkait transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Garuda, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (29/07/2024).

Dalam pertemuan tersebut, sambung Menhub, juga membahas bandara IKN yang berpotensi mengalami keterlambatan. Terlebih, Presiden Jokowi menegaskan, setiap pekerjaan pembangunan di IKN tidak boleh terlalu dipaksakan.

“Itu suatu poin yang baik melegakan, karena kita tidak akan melakukan satu kegiatan konstruksi yang nantinya gagal konstruksi. Itu secara profesional harus kita pertanggungjawabkan sebagai pemerintah,” ujar dia.

Tak hanya dua hal tersebut, Budi juga melaporkan tentang pemindahan Teluk Balikpapan dan kolaborasi untuk mengintegrasikan transportasi dari Balikpapan ke IKN.

Karena teknologi pemantauan pergerakan juga sedang dipersiapkan untuk mendukung transportasi di kawasan IKN. Pihaknya berkolaborasi dari Balikpapan ke kawasan IKN dan Kementerian Perhubungan bertanggungjawab di dalam OIKN.

“Tetapi kami juga menyiapkan APMS atau teknologi pemantauan pergerakan di OIKN. Insyaallah dalam waktu dekat ini juga selesai,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut