get app
inews
Aa Read Next : Kader PDIP Muba Tolak Sikap DPP yang Beri Dukungan Pilkada Muba 2024 ke Calon Bukan Kader

Wapres RI ke-9 yang Dijuluki Kamus APBN Berjalan, Hamzah Haz Meninggal Dunia Diusia 84 Tahun

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:05 WIB
header img
Wakil Presiden (Wapres) RI ke-9, Hamzah Haz, meninggal dunia di Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024), (iNews.id)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Kabar duka menghampiri Indonesia, setelah diketahui Wakil Presiden (Wapres) RI ke-9, Hamzah Haz, meninggal dunia di Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024), dalam usia 84 tahun.

Hamzah Haz yang merupakan pendamping Presiden Megawati Soekarnoputri ini adalah tokoh yang dikenal sebagai politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Telah berpulang kerahmattullah Bapak Dr (Hc) HAMZAH HAZ. Wakil Presiden RI ke 9. Pada pagi hari ini,” tulis keterangan yang diterima iNews.id.

Dalam keterangan itu menyebut bahwa Almarhum akan dikebumikan di Bogor Cisarua. Hamzah Haz sendiri  lahir di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Selama 29 tahun berkiprah di DPR, koleganya memberi julukan Kamus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Berjalan. Karena, analisis Hamzah Haz selalu ditunggu banyak orang setiap kali ada pembahasan RAPBN di DPR pada masa itu.

Hamzah Haz terpilih menjadi Wapres ke-9 mendampingi Megawati Soekarnoputri setelah meraih 340 suara dari total 610 suara.

Sebelumnya, dia menjabat Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Kabinet Presiden Abdurrahman Wahid. Juga pernah menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut