get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Ini Sejumlah Kerja Sama Indonesia dan Vietnam usai Jokowi Bertemu Presiden Vo Van Thuong di Hanoi

Jum'at, 12 Januari 2024 | 16:25 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berjalan bersama Presiden Vietnam Vo Van Thuong, di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam, Jumat (12/01/2024). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

HANOI, iNewspalembang.id – Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Vietnam Vo Van Thuong, memunculkan kesepakatan kerja sama peningkatan target perdagangan baru.

Presiden Jokowi menyatakan, dari pertemuan tersebut Indonesia dan Vietnam menyepakati sejumlah kerja sama, yang salah satunya peningkatan target perdagangan baru.

Untuk bidang investasi, Presiden menyambut baik peningkatan investasi antara kedua negara, perusahaan besar, dan unicorn Indonesia yang telah berinvestasi di Vietnam secara signifikan.

“Saya yakin mereka akan diberikan kemudahan dan perlindungan yang baik, dan saya mendorong perusahaan Vietnam untuk memperkuat investasinya di Indonesia,” ujar dia, usai pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong, di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam, Jumat (12/01/2024).

Jokowi mengungkapkan, Indonesia dan Vietnam juga menyepakati penguatan kerja sama ketahanan pangan antara kedua negara, baik dalam bidang pertanian maupun perikanan.

“Untuk memperkuat kerja sama di bidang pertanian dan perikanan, penandatanganan MoU kerja sama perikanan adalah momentum besar untuk mendorong kolaborasi dan investasi di bidang ini,” ungkap dia.

Kerja sama lainnya, jelas Presiden, yakni kerja sama teknologi, informasi, dan komunikasi untuk mendorong kemajuan industri digital kedua negara. Bahkan, Indonesia dan Vietnam telah menyepakati kerja sama di bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, serta transisi energi.

“Saya menyambut baik komitmen investasi VinFast untuk membangun ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia. Kita juga sepakat memajukan kerja sama di bidang transisi energi dan ekonomi digital untuk mendorong kemakmuran rakyat dan kawasan,” jelas dia.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyebut Indonesia dan Vietnam berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan. Hal itu setelah disepakati untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan, melalui implementasi konkret dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan dukungan terhadap keketuaan Laos di ASEAN.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut