get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Arab Saudi, Shin Tae-yong Sebut Banyak PR Jelang Asiap Cup AFC U-23 Qatar 2024

Jelang Piala Asia 2023 Qatar Timnas Dibantai Iran, Ini Alasan Shin Tae-yong

Rabu, 10 Januari 2024 | 13:45 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat memberi instruksi kepada pemain, saat menghadapi Iran, di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024). (iNewspalembang.id/ist)

DOHA, iNewspalembang.id – Uji coba terakhir Tim Nasional (Timnas) Indonesia kontra Iran, di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2024) berakhir dengan kekalahan telah 0-5. 

Dengan hasil tersebut, maka persiapan Skuad Garuda pada Piala Asia 2023 Qatar ini belum mendapatkan kemenangan pada tiga kali laga uji coba. Karena sebelumnya, Timnas sudah takluk dengan Libya lewat dua kali pertemuan.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada Piala Asia 2023 yang sudah didepan mata ini?

Hal pertama yang disampaikan Shin Tae-yong tak lain mengapresiasi semua pemain Indonesia sudah bekerja keras dan berjuang meski kalah 0-5 dari Iran. Namun, dia mengakui bahwa ada beberapa kesalahan dari lini belakang, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan sendiri.

"Kedepannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Jadi kita akan melatih situasi itu, agar pemain bisa mencari celah menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik," ujar dia. 

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu mengungkapkan, terkait kondisi Asnawi Mangkualam memang masih mengalami cedera, jadi selama ini lebih fokus ke rehabilitasi.

"Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi dan memang hanya dimainkan 20-30 menitan untuk cek kondisi Asnawi seperti apa. Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, mana dari itu wakil kapten, Jordi yang jadi kapten hari ini,” ungkap dia.

Kemudian, soal Shayne Pattynama, Shin Tae-yong menjelaskan, masih di Belanda. Kondisi kesehatan ibunya kurang baik, jadi ini situasi yang sangat sensitif untuk Shayne dan tim pelatih tidak bisa banyak berkomentar.

Timnas Indonesia sendiri pada Piala Asia 2023 ini tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Pada laga perdana Timnas Indonesia akan menghadapi Irak, 15 Januari 2024.

Empat hari berselang, giliran Vietnam yang akan dihadapi. Pada laga terakhir grup, Jordi Amat dan kawan-kawan menantang Jepang, 24 Januari mendatang.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut