get app
inews
Aa Read Next : Investasi IPAL Sungai Selayur, Herman Deru Sebut Pemprov dan Pemkot Punya Tanggung Jawab Besar

Penampakkan Empat Batu Nisan Kuno yang Ditemukan di Palembang

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:19 WIB
header img
Empat Batu Nisan kuno yang ditemukan pekerja PT Waskita, Senin malam (17/1/2022). IST

PALEMBANG, iNews.id - Batu nisan kuno yang ditemukan pekerja  PT Waskita, Senin malam (17/1/2022). Kini batu nisan kuno itu ditempatkan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Penemuan batu nisan sendiriseperti diketahui berada di proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Komplek Pertokoan Tengkuruk Permai Blok C, 17 Ilir, Palembang.

Tim Arkeolog Sumsel Sigit Eko Prasetyo, mengatakan, empat batu nisan kuno itu harusnya dipelajari. Butuh ahli pembaca ensrkripsi tulisan kuno apakah ini tulisan Arab Melayu atau Jawi Melayu.

"Dilihat ini seperti Arab Melayu. Dari kasat mata temuan ini bahannya dari batu granit, struktur batu yg dibuat dengan nisan ini tidak ada di Palembang, bahan bakunya dari daerah lain," katanya, Selasa (18/1/2022).

Kasat mata, dilihat dari ukiran batu nisan ini, memang khas Palembang dan lazim ditemukan di Palembang. Dari ukiran itu ada bentuk segitiga (seperti tanjak), ini diukur bukan dicetak.

"Ukiran ini presisinya hampir sama, beda 0,5 cm ketepatan pengukurannya bagus, dari empat nisan ditemukan bentuknya sama, 1 bentuknya agak lebar," katanya.

Melihat dari bahan batu granit yang digunakan, bahan ini tidak lazim digunakan oleh masyarakat biasa zaman dulu.

"Tapi belum bisa dipastikan ini kaum bangsawan atau priyai," katanya.

Sebelumnya Kepala Balai Arkeologi Sumsel Wahyu Rizky Andhifani mengatakan, bahwa ia sempat membaca angka tahunnya yaitu 1322 jadi sekitar 1904 kisaran abad 19 atau 20.

"Yang pasti terbaca tahunnya 1322, hanya saja 3 lainnya itu masih agak ragu 1222 atau 1322 itu yang akan diperdalam lagi analisanya. Nanti akan dibedakan atau epigrafi dan nantinya akan terlihat jelas," katanya.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut