get app
inews
Aa Read Next : AFF U-19 Women's Championship 2023, Rudy Eka: Mohon Maaf Tidak Bisa menjadi Juara Tiga!

Sosok Claudia Alexandra Scheunemann, Best Player dan Top Scorer AFF U-19 Women's Championship 2023

Minggu, 16 Juli 2023 | 12:15 WIB
header img
Pemain Timnas Wanita Indonesia U-19, Claudia Alexandra Scheunemann, berhasil menjadi pemain terbaik dan Top Scorer AFF U-19 Women's Championship 2023, Palembang. (iNewspalembang.id/mushaful imam)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Tim Nasional (Timnas) Wanita Indonesia U-19 memang hanya berpredikat sebagai empat besar pada AFF U-19 Women's Championship 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Namun, dibalik perjuangan spartan Garuda Pertiwi Muda di Bumi Sriwijaya selama event tersebut, ada nama pemain muda yang muncul menjadi Best Player dan Top Scorer. Pemain muda tersebut adalah Claudia Alexandra Scheunemann.

Pergerakan Claudia selalu terlihat dinamis, lincah dan punya ciri khas daya dobrak yang tinggi, mulai dari menghadapi Timor Leste, Laos, Kamboja, Thailand dan terakhir menghadapi Myanmar.

Benar saja, empat gol yang dibukukannya pada turnamen ini masing-masing satu gol bersarang di gawang Timor Leste, dua saat berjumpa Laos dan satu gol indah lagi di gawang Thailand.

Pemain kelahiran Tangerang, Banten, tanggal 24 April 2009, menjadi pemain kunci dan pilihan dari Pelatih Kepala Timnas Wanita Indonesia U-19, Rudy Eka Priyambada, selama AFF U-19 Women's Championship 2023 berlangsung.

Ternyata, Claudia ini memang sudah menyukai sepakbola sedari kecil. Claudia juga rela mengorbankan masa remajanya demi nama besar Indonesia.

 "Sudah pasti harus mengorbankan waktu bermain, bahkan di hari libur pun harus tetap latihan. Tidak mudah memang untuk mencapai di titik itu, tetapi dengan giat berlatih dan ada kemauan, pasti disitu ada jalan," kata Claudia.

Kesukaaan Claudia Scheunemann terhadap sepakbola tidak terlepas dari lingkungan keluarganya. Remaja blasteran Jerman-Indonesia ini merupakan anak dari Ralph Scheunemann dan juga keponakan dari Timo Scheunemann yang pernah menjadi pelatih Persema Malang, Persiba Balikpapan, hingga Timnas Putri Indonesia di SEA Games 2009.

Jadi, sepakbola yang mengalir ditubuh Claudia ini bukanlah hal yang baru. Keluarga Scheunemann cukup kental dengan sepakbola. Selain Timo dan Claudia, ada pula Brandon Scheunemann yang pernah bergabung dengan PSIS Semarang dan Timnas Indonesia U-20.

Mereka berasal dari Jerman, dan sudah menetap di Indonesia sejak tahun 1957. Anak-cucu keluarga ini pun banyak yang lahir di Indonesia dan fasih berbahasa Indonesia, bahkan bahasa Jawa.

“Selain sepakbola, saya suka bola basket dan F1. Bahkan pernah mengikuti kompetisi berenang dan berhasil meraih juara ketiga,” ungkap dia.

Walau tak menduga salam sekali bakal menjadi pemain terbaik pada AFF U-19 Women's Championship 2023, namun tanda-tanda itu sudah terlihat, ketika pemilik nomor punggung 13 itu didapuk sebagai player of the match kala menghadapi Laos di babak penyisihan.

"Awalnya sih kita kaget, mereka bisa cetak gol, tapi karena pelatih dan teman-teman semua kasih motivasi, jadi kita sebagai tim bisa mencetak gol dan tidak menyerah hingga akhir pertandingan," jelas dia.

Namun, Claudia tetap dengan kerendahan hatinya dan menyebutkan masih banyak kekurangan pada dirinya.

"Masih bisa banyak yang harus diperbaiki, Untuk masalah berapa jumlah gol yang saya cetak, itu tidak terlalu penting," tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut