get app
inews
Aa Read Next : Sosok Claudia Alexandra Scheunemann, Best Player dan Top Scorer AFF U-19 Women's Championship 2023

AFF U-19 Women's Championship 2023, Rudy Eka: Mohon Maaf Tidak Bisa menjadi Juara Tiga!

Minggu, 16 Juli 2023 | 09:55 WIB
header img
Pelatih Kepala Timnas Wanita Indonesia U-19, Rudy Eka Priyambada, saat memberikan keterangan pers di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (15/7/2023). (iNewspalembang.id/mushaful imam)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Kampanye Tim Nasional (Timnas) Wanita Indonesia U-19 pada AFF U-19 Women's Championship 2023 di Palembang finish di posisi empat besar.

Perjalanan Timnas Wanita U-19 ini pada fase semifinal tumbang di tangan Thailand 1-7 dan dikalahkan Myanmar pada perebutan tempat ketiga lewat drama adu pinalti.

"Kami mohon maaf, tidak bisa menjadi juara ketiga. Tapi saya mengapresiasi para pemain yang sudah bermain sepenuh hati, bertanggung jawab dan maksimal," ujar Pelatih Kepala Timnas Wanita Indonesia U-19, Rudy Eka Priyambada, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (15/7/2023).

Rudy mengungkapkan, apapun hasil yang diberi anak asuhnya tetap patut disyukuri. Karena dengan persiapan yang tidak lama dan masa jeda satu hari kemarin, mereka sudah melmberi yang terbaik untuk pertandingan.

Setelah even ini berakhir, jelas Rudy, sangat berharap sepakbola wanita bisa lebih baik kedepannya. Terlebih, pada ajang ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir tidak membebani tim apapun hasilnya.

“Sudah ada pekerjaan rumah untuk federasi dan kemarin juga beliau (Erick Thohir) sudah bilang sendiri, tidak akan membedakan sepakbola wanita dan pria, dari event ini ada tonggak kebangkitan sepakbola wanita, dan juga mulai diperhatikan bisa melakukan TC di luar negeri atau TC jangka panjang dan yang terpenting adalah kompetisi," jelas dia.

Sementara, pemain kunci Timnas Wanita U-19, Marsela Awi menuturkan, ini pertandingan yang luar biasa. Awi bangga dengan rekan-rekannya yang sudah berjuang mati-matian.

“Puji Tuhan kita tidak kalah di waktu normal, namun di drama adu penalti. Mungkin karena kurang persiapan, dengan kiper dan kondisi kiper, tapi dari semuanya, luar biasa sekali perjuangan teman-teman di pertandingan ini," tutur dia.

Talenta asal Papua itu menambahkan, semoga saja kedepan ada kompetisi atau liga, agar bisa mendapatkan pilihan pemain yang lebih banyak lagi.

“Bukan hanya dari Persis saja, ini karena tak ada liga, pemain yang didapat ya dari situ-situ saja," tambah dia.

Kendali hanya berpredikat empat besar, namun Timnas Wanita Indonesia U-19 menempatkan pencetak gol dan pemain terbaik yakni, Claudia Alexandra Scheunemann. Claudia yang baru berusia 14 tahun ini mencetak empat gol sepanjang turnamen berlangsung.

Thailand sukses menjadi kampiun untuk gelaran tahun ini, usai mengalahkan Vietnam di laga final dengan skor 2-1. Supapron Intaraprasit (69') dan Thanchanok Jansri (71') adalah dua pencetak gol bagi Thailand. Satu gol Vietnam dicetak oleh Ly Linh Trang (75').

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut