get app
inews
Aa Read Next : Termasuk Pungli, Ini Surat Edaran Larangan Pungutan di Lingkungan Pendidikan di Bawah Kemenag

Perdana, Kemenag Lepas 419 Jemaah Umroh Indonesia

Minggu, 09 Januari 2022 | 05:59 WIB
header img
Dirjen PHU Kemenag melepas jemaah umrah perdana Foto Humas Kemenag. (Foto : Humas Kemenag)

JAKARTA, iNews.id - Kementrian agama (Kemenag) resmi melepas jemaah umroh Indonesia secara perdana ke Arab Saudi di masa pandemi Covid-19. Kali ini  keberangkatan sebanyak 419 jemaah Indonesia   dilepas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, di asrama haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Hilman menyampaikan pesan Menag, agar 419 jemaah umrah Indonesia mematuhi aturan di tanah air dan di Arab Saudi. "Jaga kepercayaan Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umroh Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh  protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Covid-19 belum berakhir," kata Hilman.

 

Pihaknya tengah memfinalisasi regulasi  penyelenggaraan umroh di masa pandemi, termasuk integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi, untuk meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jemaah.


Menurutnya, proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang  ditentukan  Indonesia dan Arab Saudi.

Kemenag  juga berterimakasih kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, atas dukungan  penyelenggaraan ibadah umroh kali ini. "Kami menitipkan jemaah umroh Indonesia, untuk mendapatkan pelayanan terbaik sebagai tamu Allah, saudara sesama muslim dan pengunjung dua tanah suci,"  Hilman menuturkan.

Pihaknya juga berterimakasih  kepada Pemerintah, kepada kementerian/lembaga  untuk kelancaran pemberangkatan jemaah umrah. Persiapan penyelenggaraan umroh ini melibatkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, Satgas Covid-19, Otoritas Bandara, serta BNPB.

"Semoga Allah meridai  kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah,  bangsa dan negara," ucapnya. 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut