get app
inews
Aa Read Next : Gugatan Perdata Ditolak PN Palembang, Kejati Sumsel Diminta untuk Menahan Eddy Ganefo

Nah Lho! Dokter di Palembang Ini Tertipu Jutaan Rupiah Beli Tiket Konser Coldplay Lewat Jastip

Sabtu, 20 Mei 2023 | 17:35 WIB
header img
Tim Kuasa Hukum Nicho Saputra Nugraha, saat melaporkan akun Instagram @tixconcert.idn jastip nonton konser Coldplay ke Mapolda Sumsel, Sabtu (20/5/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Tingginya animo publik di tanah air akan konser Coldplay di Jakarta pada November 2023 nanti, ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah oknum.

Penipuan ini terjadi di Palembang dan yang menjadi korban adalah seorang dokter yang juga influenser Nicho Saputra Nugraha. Sang dokter tertipu setelah membeli tiket lewat akun Instagram jastip nonton konser Coldplay sebesar Rp12,5 juta.

Atas kejadian tersebut, Nicho bersama kuasa hukumnya mendatangi Polda Sumsel guna membuat laporan dugaan penipuan dengan modus menjual tiket konser Coldplay melalui akun Instagram, Sabtu (20/5/2023).

Kuasa Hukum Nicho Saputra Nugraha, Febi Irianto menyatakan, kliennya membeli tiket melalui saudaranya yang juga managernya yakni Nina. Kliennya Nicho meminta untuk memesan dua tiket Coldplay cat 1 yang sangat sulit dicari.

"Lewat manajernya, klien kami meminta untuk mencari akun jastip nonton konser untuk membeli tiket konser Coldplay dan menemukan akun Instagram ini," kata dia, Sabtu (20/5/2023).

Febi mengungkapkan, pada akun Instagram itu dilihat kliennya seperti akun legal dan meyakinkan. Karena sama sekali tidak mencurigakan dan juga ada testimoni di feed, sehingga kliennya percaya yang melanjutkan komunikasi melalui WhatsApp (WA).

Nah dari komunikasi via WA dengan terduga pelaku penipuan itu, Nicho bertanya berapa harga tiket dan mekanisme pembelian, lalu Nina langsung memesan tiket.

"Awalnya klien kami pesan satu tiket seharga Rp6.250.000 dan setelah dipesan Nicho meminta untuk beli tiket satu lagi karena takut kehabisan, sehingga klien kami langsung membeli satu lagi dengan harga yang sama," ungkap dia.

Karena kliennya tidak curiga, jelas Febi, serta tidak mengecek dengan menggunakan akun pencari tahu kevalidan nomor, lalu langsung melakukan transaksi pembayaran tiket. Namun, setelah transaksi pembayaran tiga kali, ketika kliennya menghubungi nomor WA yang digunakan pelaku ternyata sudah tidak aktif lagi.

"Nomor WhatsApp yang dihubungi klien kami dengan nomor handphone lain, lagi-lagi tidak bisa dihubungi. Dari sinilah klien kami sadar telah tertipu,” jelas dia.

Setelah itu, tambah Febi kliennya mengecek akun Instagram milik terduga pelaku yakni @tixconcert.idn tempat memesan tiket, namun diganti menjadi @tiketkuiniyahh dan saat ini ke dua akun tersebut sudah tidak ada di Instagram.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut