get app
inews
Aa Read Next : Jadi Lumbung Gol di Piala Asia U-17 2024, Ini Respons Erick Thohir tentang Timnas U-17 Wanita

Rekrutmen Bersama BUMN, Cara Erick Thohir Cegah Munculnya Kerajaan-kerajaan Kecil

Rabu, 03 Mei 2023 | 19:15 WIB
header img
Menteri BUMN, Erick Thohir (foto: Ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Proses perekrutan BUMN tahun 2023 ini tidak lagi dilakukan masing-masing perusahaan, melakukan dibuka secara bersamaan.

Hal tersebut diutarakan Menteri BUMN Erick Thohir, saat ramah tamah dengan awak media di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

“Rekrutmen bersama ini agar BUMN bisa menyatu sejak awal, tidak individu. Saya ingin menyatukan BUMN sejak awal. Karena terkadang terjadi arogansi antara satu perusahaan dengan satu  perusahaan  lainnya. Ini tidak akan terjadi lagi nanti," ujar dia.

Erick mengungkapkan, yang terjadi selama ini kerap muncul kerajaan - kerajaan kecil di BUMN, yang kadang menghambat program percepatan kinerja BUMN secara keseluruhan. 

"Misal ada BUMN yang akan merger. Bisa terjadi Corsec atau direksinya membuat pemberitaan masing - masing. Padahal tujuan (merger) itu bagus. Itu terjadi karena atasnya terlalu banyak, jadi kerajaan - kerajaan. Makanya grouping kita kecilkan," ungkap dia.

Jadi, jelas dia, rekrutmen nanti tidak dilakukan secara parsial, melainkan harus bersamaan.

"Kalau dari muda mereka sudah bersama, mereka akan ingat saat bersama digembleng di Kopassus, sama - sama capek. Maka, masalah (persaingan) bisa dihindari, karena sejak muda mereka sudah saling kenal," jelas dia.

Makanya, terang Erick, aka nada penambahan materi pelatihan, bukan hanya bela negara, tetapi juga pengenalan NKRI dan Pancasila. 

Rekrutmen Bersama BUMN ini dibuka Mei 2023, dan bagi pelamar wajib memperhatikan tanggal-tanggal penting terkait rekrutmen BUMN 2023 tersebut.

Pertama, Registrasi Rekrutmen BUMN 2023, mulai tanggal 5 hingga 20 Mei 2023; Pengumuman Hasil Registrasi tanggal 1 Juni 2023; Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, mulai 10 sampai 19 Juni 2023; Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, pada 28 Juni 2023;

Berikutnya, Tes Bahasa Inggris dari 8 sampai 12 Juli 2023; Pengumuman Tes Bahasa Inggris, pada 19 Juli 2023; Tes BUMN meliputi Tes Kompetensi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital, Mindset, Medical Check Up, berlangsung mulai 22 Juli hingga 9 Agustus 2023; dan Pengumuman Akhir, berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem, pada tanggal 16 Agustus 2023.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut