get app
inews
Aa Read Next : Termasuk Pungli, Ini Surat Edaran Larangan Pungutan di Lingkungan Pendidikan di Bawah Kemenag

Pemberangkatan Umrah Ditunda Hingga Awal 2022

Senin, 20 Desember 2021 | 07:43 WIB
header img
Ibadah umrah kembali ditunda hingga awal 2022. (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNews.id Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag menunda pemberangkatan jemaah umrah Indonesia  hingga tahun 2022, sesuai dengan imbauan  pemerintah agar  tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Dirjen  PHU Kemenag Hilman Latief menyebut, Presiden RI dan  Menteri Agama telah mengimbau  masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, setelah keluar imbauan tersebut pihaknya menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Kami  mengutamakan aspek perlindungan jemaah di tengah pandemi Covid-19, apalagi munculnya  varian baru Omicron. Sehingga  keberangkatan jemaah umrah kembali ditunda hingga awal tahun 2022," katanya dikutip dari situs Kemenag RI, Senin (20/12/2021).

Pihaknya berharap  situasi pandemi Covid-19 berakhir dan kondisi Indonesia segera membaik dari virus.  Ia mengakui, jika akan ada kekecewaan dan kesedihan karena penundaan   umrah ini. Namun, semua pihak diminta memahami kondisi pandemi yang belum usai. 

Ia mengungkapkan, penundaan ini tidak hanya untuk pemberangkatan umrah saja, melainkan  seluruh  penerbangan ke luar negeri. "Tetap ada harapan untuk pemberangkatan, tapi jumlahnya diperkecil,"  Hilman menerangkan.

Pihaknya  terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait, untuk  mengupayakan terselenggaranya ibadah umrah yang sehat dan aman. Penyelenggaraan umrah di masa pandemi ini sekaligus menjadi barometer penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M.

"Penundaan ini  keputusan  pahit, tapi  demi kebaikan bersama harus dilakukan. Kami harap semua bisa memahami dan semoga ada hikmah," ia memungkasi.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut