get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Arab Saudi, Shin Tae-yong Sebut Banyak PR Jelang Asiap Cup AFC U-23 Qatar 2024

Alasan Shin Tae Yong Tak Puas walau Timnas Menang dan Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022  

Selasa, 03 Januari 2023 | 12:15 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong saat memberi pernyataan kepada pers, usai mengalahkan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023). (iNewspalembang.id/pssi.org)

MANILA, iNewspalembang.id – Lolos ke fase semifinal Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Filipina 2-1 pada laga akhir Grup A di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023), tak membuat pelatih Timnas Shin Tae Yong senang.

“Pertandingan hari ini saya sangat tidak puas dan tidak senang. Hari ini ada beberapa peluang yang bagus, tapi itu tidak bisa kita manfaatkan dengan baik," ujar Shin Tae-yong usai pertandingan, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Pelatih berpaspor Korea Selatan itu mengungkapkan, setiap selesai pertandingan, selalu menegaskan agar bisa mencetak gol ketika mendapatkan kesempatan yang baik.

“Namun semifinal leg pertama akan digelar di GBK (Gelora Bung Karno). Kami harus mempersiapkan diri dengan baik supaya tidak mengecewakan fans yang datang ke stadion," ungkap dia.

Terkait akan adanya kemungkinan Indonesia berjumpa Vietnam pada semifinal nanti, mengingat Vietnam lebih berpeluang karena saat ini memimpin klasemen sementara.

Shin Tae-yong menyatakan, tidak gentar dengan kekuatan Vietnam dan yakin anak asuhnya masih punya peluang untuk menang.

"Sepertinya kami akan bertemu Vietnam (semifinal) dan akan lebih dulu bermain di kandang. Kami akan mempersiapkan yang terbaik untuk semifinal nanti," tegas dia.

 

Hal yang wajar bila Shin Tae-yong kecewa dengan performa Witan Sulaeman dkk. Karena berdasarkan statistik, Indonesia mampu melepaskan 20 tembakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara Filipina hanya melepas empat shot on target dari sembilan kali percobaan.Dari tujuh shot on target itu, hanya dua yang berhasil jadi gol via Dendy Sulistyawan (21') dan Marselino Ferdinan (43'). Sedangkan The Azkals mampu mencetak gol lewat Jens Rasmussen pada menit 83.

Kemudian, kemenangan itu hanya mengantarkan Indonesia sebagai runner-up Grup A, kendati punya poin sama dengan Thailand yaitu 10. Thailand berhak jadi juara grup karena menang 3-1 atas Kamboja. Kondisi ini membuat Thailand unggul selisih dua gol dari Indonesia. Thailand punya selisih gol +11, sedangkan Indonesia +9.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut