get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Agus Fatoni Serahkan Bansos Stunting di Palembang, Ini Respons Pj Wako Ratu Dewa

Penderita Stunting Capai 1.187 Orang, Pertamina Programkan Gertas

Kamis, 09 Desember 2021 | 10:19 WIB
header img
Foto bersama Pihak Pertamina dan Walikota Palembang Harnojoyo. (Foto : Humas Pertamina)

PALEMBANG, iNews.id - Penderita Stunting (kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya ) di Palembang mencapai 1.187 orang. Untuk mengurangi  angka stunting, Pertamina menjalankan Program Gerakan Wanita Tanam Sayuran (Gertas).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fauzia mengatakan, kondisi stunting di Kota Palembang  telah mencapai angka 1.187 penderita, ada 30 kelurahan di Kota Palembang yang menjadi lokus (lokasi fokus) stunting pada tahun 2021. 

"Salah satu penyebab stunting adalah pola asuh yang kurang baik," dr Fauzia mengungkapkan, dalam rilis yang diterima iNews Palembang, Kamis (9/12/2021).

Fauzia berharap semua pihak berpartisipasi  menggiatkan program-program, yang berdampak pada percepatan penurunan angka stunting di Kota Palembang. 

Ia menjelaskan, jika mengacu pada SDG's, program Gertas mendukung tujuan ke-2 pada indikator 2.4.1 yaitu penetapan kawasan pertanian berkelanjutan dan pada indikator 2.2.1 yaitu prevalansi (kelaziman) stunting pada anak di bawah lima tahun serta manula.

Sementara itu, untuk menurunkan angka stunting khususnya di Palembang PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, melalui Integrated Terminal (IT) Palembang  memiliki program Gertas.

IT berpartisipasi dalam kegiatan Review Kinerja Tahunan Aksi Integrasi Stunting Kota Palembang, di Hotel The Alts pada  8 Desember  2021. Kegiatan ini  dibuka langsung  Walikota Kota Palembang, Harnojoyo.

Dalam kegiatan ini, IT Palembang  mendapatkan penghargaan perusahaan terbaik  mendukung percepatan penurunan stunting melalui Program  Gertas. IT Palembang  diwakili  Agustina Mandayati selaku Sr. Spv. CSR dan SMEPP Regional Sumbagsel   menjadi  pembicara yang memaparkan kegiatan-kegiatan program Gertas sebagai upaya  mendukung percepatan pencegahan stunting.

Agustina menyampaikan, program ini  wujud kepedulian IT Palembang terhadap perempuan dan balita stunting. Melalui slogan dari program ini yaitu Wanita Berdaya, masyarakat sejahtera.

"Kami berharap  kaum perempuan, melahirkan generasi-generasi yang sehat, cerdas dan tentunya keluarga  sejahtera sehingga menciptakan  masyarakat yang sejahtera,” kata Agustina.

Sedangkan Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II, Umar Ibnu Hasan menambahkan,  peran aktif  pemangku kepentingan diharapkan  memberikan pengaruh terhadap masyarakat, sehingga masyarakat  tergerak  berpartisipasi dalam pencegahan resiko dan dampak stunting pada anak.

"Program Gertas  diharapkan  menjadi  program berkelanjutan yang akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Palembang, dalam mendukung percepatan penurunan angka stunting di Kota Palembang," kata Umar.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut