get app
inews
Aa Read Next : Terdampak El Nino Banjir, Jokowi Beri Bantuan Rp18 Juta per Hektare untuk Petani Gagal Panen

Jayapura Diguncang Gempa Tiga Detik, Warga Diminta Waspada

Minggu, 05 Desember 2021 | 14:08 WIB
header img
Gempa di Jayapura hanya berlangsung tiga detik, dan tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa. (Foto : situs BNPB)

JAKARTA, iNews.id – Belum selesai kejadian bencana erupsi Gunung Semeru Jawa Timur,  kini Kota Jayapura Provinsi Papua juga diguncang gempa selama tiga detik. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,3 terjadi pada Minggu (5/12), pukul 08.10 WIB. Guncangan dirasakan warga Kota Jayapura, Provinsi Papua. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat guncangan gempa.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB,   Abdul Muhari  mengungkapkan, gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,3 terjadi pada Minggu (5/12/2021), pukul 08.10 WIB, dirasakan warga Kota Jayapura, Provinsi Papua. 

"Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat guncangan gempa," kata Abdul Muhari di situs BNPB.

Pihaknya mendapatkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, guncangan kategori sedang dirasakan  warga Jayapura. "Guncangan berlangsung sekitar dua hingga tiga detik. Tidak ada laporan kepanikan warga akibat guncangan gempa pagi tadi, gempa juga tidak memicu terjadinya tsunami," ucap dia.

Ia menjelaskan,  parameter gempa berada pada 87 km barat laut Jayapura dengan kedalaman 10 km. Berdasarkan analisis dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), kekuatan guncangan di Jayapura pada II – III MMI dan Sentani II MMI. 

Sedangkan pada analisis inaRISK, Kota Jayapura memiliki potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak lima kecamatan  berada pada potensi tersebut, antara lain Muara Tami, Abepura, Heram, Jayapura Selatan dan Jayapura Utara.

Pihaknya berharap warga setempat  tetap waspada dan siaga dengan potensi bahaya yang ditimbulkan. Warga agar  memiliki rencana kesiapsiagaan bencana, seperti mengidentifikasi kondisi bangunan tempat tinggal, rencana evakuasi menuju titik kumpul, kontak darurat atau pun tas siaga bencana.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut