get app
inews
Aa Read Next : Bicara Tentang Pencalonan Bupati Muba, Beni Hernedi Sebut Ada Hal yang Terus Terngiang-ngiang

UAS Ceramah Maulid di Muba,  Pucuk Dicinta Ulam Pun Tiba

Sabtu, 04 Desember 2021 | 12:53 WIB
header img
Bupati Muba Beni Hernedi (kiri) dan UAS saat acara Maulid Nabi di Muba, Jumat (3/12/2021) malam. (Foto : humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id -  Pucuk dicinta ulam pun tiba, pepatah yang layak diungkapkan saat ustadz nasional ustadz Abdul Somad (UAS) hadir berceramah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumsel. UAS memberikan ceramah bertema "Membentuk Muslim yang Kaffah".

Nursaki salah satu warga Muba  dari kecamatan Lawang Wetan mengungkapkan kebahagiannya saat UAS menapaki bumi Serasan Sekate, Muba. Dirinya sudah lama menantikan kehadiran  UAS berceramah di Muba.  

"Saya  kagum dengan  dalil-dalil yang  disampaikan ustadz,  menjadi inspirasi  menjalani hidup serta menaati agama menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya," Nursaki menuturkan.

Ia pun berterima kasih kepada Pemkab Muba yang mengundang UAS untuk mengisi ke acara   Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H / 2021 M, yang mengambil tema "Membentuk Muslim yang Kaffah" pada Jumat (3/12/2021) malam,  di Masjid Jami An-Nur Sekayu.

Dalam acara ini, UAS  memakai peci dan syal Gambo Muba,  dalam ceramahnya UAS menyampaikan, saat seseorang memutuskan  memeluk agama Islam, maka  dituntut  menjalankan ajaran Islam, menuruti perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.

Ia menjelaskan, ketaatan secara penuh pada Islam merupakan bentuk keislaman yang kaffah, tunduk pada Allah secara pasrah dan penuh keimanan. Dalam bahasa Arab, kata "Islam" artinya berserah diri. Sementara itu, "kaffah" artinya sepenuhnya.

"Berislam secara kaffah artinya menyerahkan diri pada ajaran Islam sepenuhnya secara total dan 100 persen," kata UAS.

Untuk memeluk Islam secara kaffah, seseorang harus belajar Islam secara konsisten dan tidak instan. Wajib mengambil ajarannya secara keseluruhan, tidak boleh memilih hukum Islam yang ia senangi dan meninggalkan yang tidak disukai. "Jadi tidak boleh pilih-pilih," UAS menegaskan.

Ia berdoa agar  semua umat muslim khususnya di Muba  menjadi seorang Muslim  yang Kaffah, menjalankan  ajaran Islam mulai dari hal  terkecil. "Terima kasih atas sambutan ini,  masyarakat Muba sangat luar  biasa menunjukkan semangatnya mendengarkan ceramah tentang Islam," ucap UAS.

Sementara itu, Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP mengatakan, kedatangan  UAS ke  Muba  sangat luar biasa dan mendapatkan sambutan baik  masyarakat. Apalagi  Muba terus membangun umat berbasis agama, salah satunya peraturan daerah soal pesta malam dan memperhatikan pondok pesantren yang ada.

"Rasa syukur serta rasa bangga yang sangat luar biasa, ketika ulama besar datang ke Kabupaten Muba. Saya secara pribadi mengucapkan selamat datang kepada UAS di Bumi Serasan Sekate," ucap Beni.

Beni mengatakan,  masyarakat Muba  sangat mengagumi ceramah-ceramah UAS, semoga pada momentum pertemuan UAS dan masyarakat Muba dapat memberikan  ilmu  ajaran Islam sehingga masyarakat Muba agar semakin taat dalam beragama.

Selain itu,  Beni  mengimbau  masyarakat Muba  tetap tertib dan menjaga protokol kesehatan selama acara berlangsung. "Sebelum jamaah datang tentunya prokes ketat telah dilakukan, dengan scan barcode vaksin melalui PeduliLindungi, cek suhu tubuh serta menyiapkan masker cadangan," kata Beni.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut