get app
inews
Aa Read Next : Potret Jawara Putaran Pertama Jakarta Popsivo Polwan dan Kemenangan Jakarta Bhayangkara Presisi

Minimarket di Palembang Stabil Bahkan Makin ‘Menjamur’ Meski Pandemi Covid-19

Kamis, 02 Desember 2021 | 14:20 WIB
header img
Toko modern. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

PALEMBANG, iNews.id – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tampaknya tak memberikan dampak berarti bagi pertumbuhan minimarket di Palembang.

Buktinya, ditengah lesunya ekonomi, minimarket di Palembang terus bertambah. Setidaknya dalam satu bulan ada 5 pengajuan izin dari minimarket.

Hal itu diakui, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang, Ahmad Mustain, Kamis (2/12/2021). Dikatakannya, minat pengusaha untuk membuka bisnis ritel masih menggeliat dan cukup tinggi. Bisnis ini terbukti tetap berjalan normal meski di tengah pandemic Covid-19.

Itu karena produk yang dijual memang jadi kebutuhan warga sehari-sehari, seperti sembako.

"Dalam satu bulan ada kurang lebih 5 pengajuan izin untuk membuka gerai minimarket modern ini di Kota Palembang," katanya.

Dari data yang tercatat di DPM-PTSP Kota Palembang jumlah gerai minimarket baru yang ada di Palembang mencapai 208 gerai yang tersebar di 18 kecamatan yang ada.

Sedangkan untuk jumlah yang melakukan perpanjangan izin mencapai 385 gerai yang juga tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kota Palembang.

"Usaha ini juga banyak diminati, karena dari sisi bisnis dinilai menguntungkan, dan juga mampu bertahan dimasa pandemi," katanya.

Sebelumnya, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, Indomaret dan Alfamart sudah membayar biaya berlangganan bulanan pada Dinas Perhubungan sehingga konsumen tidak lagi membayar parkir di setiap gerai mereka.

"Silakan laporkan jika masih ada Jukir yang bandel agar ditindaklanjuti oleh Dishub, karena biasanya sudah ada tanda gratis di setiap gerai itu," katanya.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut