Logo Network
Network

Bank Mandiri Gelar WMM 2022 Himpun Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif

Viola Triamanda
.
Selasa, 27 September 2022 | 20:37 WIB
Bank Mandiri Gelar WMM 2022 Himpun Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif
VP CSR Center Department PT Bank Mandiri Tbk, Diwangkoro A. Ratam, dalam konferensi pers kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Tahun 2022, di Jakarta, Selasa (27/9/2022). (Foto: MPI/Viola Triamanda)

JAKARTA, iNewsPalembang.id - Indonesia membutuhkan keberadaan bibit-bibit unggul pelaku wirausaha muda kreatif, inovatif. Bukan itu saja, juga dapat berkontribusi aktif menciptakan ekonomi Indonesia yang impresif. 

Dalam konteks itulah PT Bank Mandiri Tbk kembali menggelar kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Tahun 2022 untuk mewujudkan harapa tadi.

Ajang WMM ini sejatinya secara konsisten sudah dimulai sejak 2007. Mneriknya ajang ini menjadi wadah bergengsi favorit ribuan pelaku usaha usia muda. 

Tercatat, lebih dari 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari kompetisi ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.  

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha, mengatakan WMM 2022 mengusung tema “Proud to be Entrepreneur” yang diharapkan mampu memantik semangat berwirausaha generasi muda Tanah Air untuk bersama membangun negeri.  

“Tahun ini menjadi tahun ke-17 kompetisi ini digelar. Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN turut bangga dapat terus konsisten mewadahi para Jawara Wirausaha Muda di Indonesia untuk berkembang dan naik level dari lokal ke nasional, nasional hingga ke global,” ujar Rudi, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (27/9/2022). 

Ajang WMM kali ini, lanjut Rudi, sangat spesial karena seluruh peserta akan diuji dengan kegiatan yang dikemas dalam tayangan menghibur dalam format Digital Series. 

Nantinya, masyarakat pun dapat merasakan langsung dan belajar bersama melalui platform digital Youtube.  Tidak hanya itu, WMM kali ini juga kembali menghadirkan "Festival Expo WMM" yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19. 

Dalam Expo ini Bank Mandiri mengundang seluruh mitra binaan terbaik Bank Mandiri yang menjadi bagian program CSR perseroan di bidang kewirausahaan seperti WMM, Rumah BUMN dan Kewirausahaan  Petani. 

"WMM 2022 juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Bank Mandiri ke-24, dimana event ini menjadi simbol kontribusi Bank Mandiri untuk dunia usaha dan pelaku usaha muda Indonesia. 
Harapannya, event ini dapat mengapresiasi pelaku usaha muda atas semangat dan inovasi yang telah mereka lakukan untuk kemajuan ekonomi Indonesia," ungkap Rudi. 

Sementara VP CSR Center Department Bank Mandiri, Diwangkoro A. Ratam, menjelaskan WMM 2022 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena terbagi ke dalam sub kategori baru, yaitu boga atau bisnis makanan dan minuman, lalu kategori kreatif seperti kesenian dan budaya, fesyen, dan entertainmen.  

Kemudian kategori teknologi dalam bentuk bisnis atau inovasi digital, dan juga kategori sosial yang memiliki aspek pemberdayaan lingkungan dan jasa kepada masyarakat. 

"Seluruh peserta akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp2 miliar," kata Diwangkoro.  

Dalam penyelenggaraan WMM 2022, lanjutnya, Bank mandiri kembali menghadirkan Expo bagi para peserta sebagai ajang mengenalkan produk dan bisnisnya kepada masyarakat secara langsung. 

Expo WMM 2022 juga menjadi poin penting dalam penilaian bagi peserta untuk meraih posisi puncak.  “Tidak hanya sekedar kompetisi, peserta WMM 2022 akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya,” ujar Diwang.  

Inovasi penyelengaraan WMM 2022 tidak berhenti sampai disitu, pada tahun ini untuk pertama kalinya dibuka kategori santripreneur.  Hal ini dilakukan untuk  mendorong kapasitas para santri di seluruh Indonesia agar memiliki semangat  kewirausahaan dan diharapkan dapat menjadi bagian dari motor perekonomian nasional di masa mendatang. 

Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Ide bisnis yang cemerlang juga berpeluang untuk memperoleh hadiah dengan total mencapai Rp 500 juta.  

Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wmm.id pada 27 September-27 Oktober 2022.  Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional 2 minggu setelah pendaftaran ditutup. 

“Sebagai pionir program pembinaan wirausaha, Wirausaha Muda Mandiri memiliki keistimewaan bagi para peserta yaitu kesempatan untuk bergabung dalam komunitas alumni dan tentu saja mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha,” tutur Diwang. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Palembang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.