get app
inews
Aa Read Next : Lewat MikroEx Challenge, KemenkopUKM Gandeng Tokopedia Dorong Transformasi Digital Usaha Mikro

Warung Difabel, Penyandang Disabilitas Jual Wedang Jahe hingga Nasi

Senin, 11 Juli 2022 | 08:11 WIB
header img
Forum Empatia Disabilitas dari Kabupaten Klaten menggagas warung difabel membuktikan para disabilitas mampu mandiri ekonomi. (Foto : Kemenkopukm)

KLATEN, iNews.id - Para penyandang disablitas tidak hanya menjadi objek pemberian bantuan, namun juga menjadi subjek yang mandiri ekonomi. Forum Empatia Disabilitas dari Kabupaten Klaten menggagas warung difabel membuktikan  para disabilitas mampu mandiri ekonomi.
 

Hal ini diungkapkan akun instagram resmi  Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia @kemenkopukm, dalam unggahan dan publikasi terkait warung difabel yang dikutip Senin (11/7/2022). Disebutkan, Forum Empatia Disabilitas menolak  berdiam saja dalam tekanan krisis ekonomi. 

Forum Empatia Disabilitas bersama-sama membangun Warung Angkringan Difabel yang menyediakan berbagai makanan mulai dari wedang jahe hingga nasi bandeng. Melalui usaha tersebut,  membuktikan  penyandang disabilitas juga mampu berusaha dan mandiri secara ekonomi. 

"Semoga gebrakan komunitas disabilitas ini bisa memberi semangat bagi Sobat yang juga sedang berusaha," kata akun Kemenkopukm.

Dijelaskan dalam unggahannya, Forum Empatia Disabilitas Kabupaten Klaten ini, membangun warung angkringan difabel di desa Tibayan Jatinom , sebagai ruang untuk para rekan difabel terlepas dari krisis ekonomi.

Forum Empatia Disabilitas  mengubah paradigma difabel dari objek menjadi subjek, karena paradigma yang berlaku di masyarakat keberadaan rekan difabel  selalu menerima bantuan.

Usaha kuliner yang dikelola secara mandiri  penyandang disabilitas ini membuktikan bahwa para rekan difabel juga bisa jadi pelaku usaha. Warung difabel ini diberi lahan oleh Pemerintah Desa Tibayan.
 
"Keberadaan warung angkringan difabel membuat kita berkaca pada diri lebih jauh lagi, bahwa keterbatasan bukanlah alasan untuk  menunda upaya dalam menggapai mimpi. 
semoga kisah inspirasi ini bisa menjadi bara api semangat untuk terus mengembangkan potensi diri untuk maju dalam berwirausaha," tulis akun Kemenkopukm.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut