get app
inews
Aa Read Next : Dongkrak Wisatawan, Jembatan Ampera Palembang akan Dipasang Liff Hingga ke Puncak

Okupasi Hotel Palembang Berangsur Normal

Selasa, 22 Maret 2022 | 16:43 WIB
header img
Hotel Swarna Dwipa Palembang. IST

PALEMBANG, iNews.id – Ternyata adanya kebijakan pencabutan tes kesehatan Covid-19 dengan uji klinis Polymerase Chain Reaction (PCR) dan antigen untuk pelaku perjalanan, membawa dampak positif bagi perhotelan.

Dikatakan Sekretaris Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Jhon Johan Tisera, setelah pencabutan aturan PCR terjadi peningkatan okupasi sampai 60 persen.

"Sejak 28 Februari, okupansi ini mulai beranjak naik, karena dipengaruhi sekarang sudah tidak ada lagi syarat Covid-19," katanya.

Pengunjung rata-rata masih dari wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan dari luar Sumsel, masih diangka 5-10 persen dari keseluruhan jumlah tamu yang menginap di hotel.

"Rata-rata tamu hotel yang menginap lebih dari dua hari. Tamu Didominasi wisatawan lokal Palembang dan sejumlah kabupaten di Sumsel," katanya.

Menurutnya, peningkatan okupansi di hotel Sumsel terutama di Palembang turut dipengaruhi kondisi lokasi penginapan berada pada high season atau sedang ramai-ramainya. Hal ini juga disebabkan karena sudah memasuki momen bulan puasa.

"Walau sedang berada pada high season, tapi ini belum bisa dikatakan normal. Paling tidak ini sudah menjadi lebih baik dari  tahun lalu," katanya.

Jhon memprediksi persentase okupansi hotel dapat meningkat signifikan hingga 100 persen yang kemungkinan terjadi pada tahun 2023 dan rata-rata tingkat hunian normal di atas 50 persen.

"Kami berharap paling tidak lebih baik dari pandemi lalu, tapi untuk kembali normal seperti tahun 2019 belum, masih jauh," katanya.

Sementara saat ini Dinas Pariwisata Kota Palembang juga sudah punya beberapa agenda tahunan yang bisa menarik wisatawan untuk datang dan menginap di hotel Palembang.

"Kemarin kita sudah launching event pariwisata sampai akhir tahun, kita targetkan 1,5 juta wisatawan datang ke Palembang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut