get app
inews
Aa Read Next : PSSI Siapkan Hukuman Tererat untuk Pemain dan Wasit pada Laga Aceh vs Sulteng di PON XXI 2024

Sejarah Baru Timnas, Garuda Muda Mampu Kalahkan Argentina U-20 di Ajang Seoul Earth on Us Cup 2024

Rabu, 28 Agustus 2024 | 17:15 WIB
header img
Timnas Indonesia U-20 saat menjalani sesi uji coba dengan FC Avenir, sebelum menghadapi Aregentina U-20 pada Seoul Earth on Us Cup 2024 di Seoul, Korsel. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 mampu mengalahkan Argentina U-20 dengan skor 2-1 pada laga perdana mini turnamen Seoul Earth on Us Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan (Korsel), Rabu (28/8/2024).

Sudah tentu, kemenangan ini merupakan Sejarah baru yang ditorehkan Skuad Garuda Muda, meski ajang tersebut hanya mini turnamen.

Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat menyaksikan langsung pertandingan tersebut, perjuangan semua pemain sangat luar biasa. Apalagi mereka mencetak kemenangan dengan comeback setelah lebih dulu tertinggal.

"Ini kemenangan bersejarah. Benar-benar salut. Meski bisa kalahkan Argentina, tim yang peringkatnya jauh di atas kita, ingat jangan sombong atau jemawa,” dia, di Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Bukan hanya mengapresiasi kemenangan fenomenal itu, Erick pun menyanjung permainan anak asuh Indra Sjafri yang tak gentar melawan tim sekuat Argentina.

"Pertahanan kita juga saya nilai solid. Beberapa kali digempur, tapi bisa keluar dari tekanan. Semoga ini menjadi modal dalam segi mental yang bagus asal ingat, perjalanan mereka masih panjang,” kata dia.

Saat pertandingan selama 45 menit pertama, Timnas U-20 awalnya cukup unggul dari segi penguasaan bola dengan persentase 65 persen berbanding 35 persen.

Namun, rapatnya barisan pertahanan Argentina Skuad Garuda Muda sulit membongkar pertahanan Tim Tango Muda. Bahkan, penggawa Timnas U-20 tak diberi celah melepaskan tendangan ke arah gawang Argentina. 

Sebaliknya, Argentina dengan cepat melakukan skema serangan balik cepat dan mampu mengkonversikan peluang emas menjadi sebuah gol pada menit 17.

Berawal dari sepak pojok, pemain Argentina Rodrigo Ezequiel Stocco, yang berada dalam posisi bebas melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola tendangan Rodrigo lantas diteruskan Mirko Juarez dengan sundulan yang mampu memperdaya kiper Ikram Algiffari. 

Masuk babak kedua tepatnya di menit 74, Indonesia U-20 secara mengejutkan mampu menjebol gawang Argentina, melalui proses tendangan bebas Mouri Ananda, yang berhasil disambar Kadek Arel Priyatna.

Mendekati peluit panjang atau pada menit ke 82, Indonesia mendapat penalti dan mampu dikonversikan menjadi gol. Kedudukan 2-1 untuk Timnas U-20 tersebut bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut