get app
inews
Aa Read Next : Hadapi Pilkada 2024, Megawati Kumpulkan Kader PDIP yang Baru Menjabat Kepala Daerah Satu Periode

Faktor Ini Bikin Kader Partai Demokrat Sumsel Punya Potensi Besar Maju di Pilkada Serentak 2024

Rabu, 17 April 2024 | 14:15 WIB
header img
Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Partai Demokrat menempatkan delapan kursi pimpinan DPRD kabupaten/kota di Sumsel pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 kemarin.

Hasil ini tentu meningkat, bila dibanding dengan hasil Pileg pada Pemilu 2019 lalu, dimana Partai Demokrat hanya memiliki tiga kursi pimpinan DPRD kabupaten/kota di Sumsel.

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki, hasil Pileg pada Pemilu 2024 ini memang ada yang sudah sesuai target, namun ada juga yang belum terpenuhi.

Untuk kursi DPR RI, sambung dia, masih bertahan mendapat dua kursi dari dua daerah pemilihan (dapil). Namun, untuk DPRD Provinsi belum sesuai dengan apa yang ditargetkan.

“Namun, di tingkat kabupaten/kota (Demokrat) banyak mengalami peningkatan kursi, yang pada Pemilu 2019 lalu hanya ada tiga daerah yang duduk di pimpinan dewan, pada Pemilu 2024 ini tercatat ada 8 kabupaten/kota yang mendapat kursi pimpinan,” ujar dia.

Delapan kursi pimpinan tersebut, kata Muchendi, yakni Kota Palembang, OKU Selatan (Ketua), Lahat (Ketua), Pagaralam, PALI, Prabumulih (Ketua), OKI, dan Empat Lawang.

Pileg sudah selesai dan memang dari awal Partai Demokrat lebih menekankan kepada kader khususnya yang di kabupaten/kota, itu untuk meningkatkan jumlah kursi di DPRD masing-masing daerah, agar bisa mendekati ambang batas syarat pencalonan kepala daerah.

“Alhamdulilah, ada delapan daerah yang sudah mendekati ambang batas untuk pencalonan kepala daerah tersebut. Kalaupun berkoalisi, kurangnya tidak terlalu banyak,” kata dia.

Jadi, ungkap pria yang akrab disapa Endi itu, bagi kader Demokrat yang punya keinginan dan potensi untuk maju tentu sangat dipersilakan. Karena, itulah yang menjadi catatan partai saat ini pada Pilkada Serentak 2024 nanti.

“Kemarin DPD Partai Demokrat Sumsel sudah melakukan rapat untuk persiapan penjaringan calon kepala daerah. disitu ada beberapa DPC yang sudah diterima informasinya, bahwa para ketua-ketua DPC ada keinginan untuk maju di Pilkada 2024,” ungkap dia.

Wakil Ketua DPRD Sumsel itu menjelaskan, Hal itu menjadi catatan partai dan akan segera disampaikan ke DPP Partai Demokrat. Pada 9 Mei nanti, pihaknya membentuk kepanitiaan penjaringan calon kepala daerah, mulai dari provinsi sampai dengan kabupaten/kota. Setelah itu, baru dibuka secara resmi kapan dilakukan pendaftaran di semua tingkatan.

Endi melanjutkan, sejauh ini kader-kader Partai Demokrat Sumsel yang berkeinginan maju sebagai calon kepala daerah yakni, Ketua DPC Palembang (Yudha Pratama Mahyudin), Ketua DPC PALI (Devi Arianto), Ketua DPC OKU Selatan (Heri Martadinata), Ketua DPC Prabumulih Deny Victoria, Ketua DPC Empat Lawang (Holda), serta Muchendi sendiri yang siap maju pada Pilkada OKI.

“Kader-kader tersebut yang saat ini sudah menyampaikan informasi bahwa masih tetap dan berkeinginan untuk maju sebagai calon kepala daerah,” jelas dia.

“Potensi para kader Demokrat ini juga besar untuk maju. Karena dari segi elektabilitas juga cukup baik. Jadi sudah punya modal partai dan modal tingkat penerimaan masyarakat dalam bentuk popularitas dan elektabilitas sudah cukup,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut