get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Ini Jumlah Proyek Strategis Nasional yang Dirampungkan Pemerintah Selama Satu Windu

Kamis, 14 September 2023 | 12:45 WIB
header img
Presiden Jokowi saat berbicara pada acara Sewindu PSN yang digelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (13/09/2023). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Selama satu windu ini, pemerintah sudah merampungkan 161 proyek strategis nasional (PSN) dengan serapan mencapai 11 juta tenaga kerja.

Hal tersebut diutarakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN), di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (13/08/2023).

Jokowi mengungkapkan, kehadiran infrastruktur PSN juga dnilai membantu mendongkrak daya saing Indonesia di level internasional. Itu terlihat dari meningkatnya peringkat daya saing Indonesia dalam International Institute for Management Development (IMD) World Competitiveness Index dari peringkat 44 ke peringkat 34 pada tahun 2022.

“Daya saing kita di tahun 2022 sebelumnya ranking 44, tahun kemarin kita sudah masuk ke ranking 34. Kenaikan 10 (peringkat) itu kenaikan tertinggi di dunia dan salah satunya karena urusan infrastruktur yang bisa banyak kita selesaikan,” ungkap dia.

Atas dasar itulah, Jokowi menegaskan, agar PSN lain yang belum selesai bisa segera dirampungkan paling lambat pada semester I/2024. Kemudian, agar semua pihak terkait mengecek secara detail dan mengawasi pembangunannya agar proyek-proyek tersebut tidak berhenti atau mangkrak.

“Jangan sampai ada yang mangkrak, cek dan teliti betul, akar masalahnya apa kalau ada masalah, beri tenggat waktu, targetnya juga harus jelas kapan,” tegas dia.

Tak lupa, Presiden mengingatkan, agar jajarannya mampu mencari solusi inovatif dalam menyelesaikan persoalan di lapangan, terkait pembangunan PSN.

“Selalu saya ingatkan, jangan justru malah menggunakan pendekatan-pendekatan yang represif kepada masyarakat. Masyarakat itu kalau ada ganti rugi itu senang, itu yang saya inginkan. Bukan ganti rugi tapi ganti untung karena memang harga yang diberikan adalah harga yang terbaik karena berulang kali saya tekankan,” tandas dia.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut