get app
inews
Aa Read Next : Pilkada OKI, Muchendi Mahzareki: Sudah Lebaran Ini Komunikasi dengan Calon Lebih Intens Lagi

DPRD Sumsel Beri Respons Begini Terkait Penertiban Pedagang Pasar 16 Ilir

Jum'at, 23 Juni 2023 | 13:45 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Sumsel, Muchendi Mahzareki. (iNewspalembang.id/sidratul muntaha)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – DPRD Sumsel menyoroti pentertiban pedagang di kawasan Pasar 16 Ilir yang ditertibkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang beberapa hari lalu.

Karena banyak pedagang yang tiba-tiba terkejut dan tidak ada pemberitahuan, tempat mereka berdagang langsung dibongkar begitu saja.

Wakil Ketua DPRD Sumsel, Muchendi Mahzareki menyatakan, Pemkot Palembang ini mungkin punya rencana merevitalisasi Pasar 16 Ilir dan tentu itu niatnya baik.

“Hanya saja, niat baik tersebut alangkah bagusnya ada komunikasi antara pedagang yang ada di kawasan tersebut untuk dicarikan solusi. Kita berharap dalam revitalisasi Pasar 16 Ilir ini tidak merugikan pedagang-pedagang yang ada di 16 ilir itu,” ujar dia.

Harapannya, ungkap Muchendi, pedagang itu dipindahkan ke lokasi lain yang memang mereka tetap bisa berdagang. Tentu pasti ada aturan yang dibuat pemerintah melalui badan pasar agar bisa mengakomodir seluruh pedagang yang memang sudah disana cukup lama.

“Kalau memang dianggap tidak layak berdagang di tempat itu ya harus dicarikan solusi atau tempat. Agar pedagang ini tetap bisa melakukan aktifitas, yang berdampak pada hilangnya mata pencaharian mereka,” ungkap dia.

Politisi Partai Demokrat itu menjelaskan, karena kewenangan pengelolaan Pasar 16 Ilir ini dipegang Pemkot Palembang, makanya belum ada pengaduan baik dari pedagang maupun dari Pemkot Palembang sampai ke DPRD Provinsi Sumsel.

“Kalau ada pengaduan tentu DPRD Provinsi akan menyikapi, namun sejauh ini belum ada. Karena mungkin kewenangannya ada di Pemkot Palembang, termasuk revitalisasi itu,” jelas dia.

Terkait revitalisasi Pasar 16 Ilir, DPRD Sumsel juga belum tahu, apakah revitalisasi itu sudah di programkan jauh-jauh hari. Kalau sudah lama, mungkin ada komunikasi sebelumnya atau pemberitahuan kepada pedagang.

“Kemudian, apakah itu menggunakan dana hanya dari Pemkot Palembang sendiri atau dari pusat, kita belum tahu. Kalau gambarnya (revitalisi kawasan Pasar 16 Ilir) kan sudah muncul di sejumlah media sosial dan itu bagus. Memang sudah selayaknya dan seharusnya dengan kondisi Pasar 16 Ilir saat ini,” terang dia.

“Sehingga ketika di revitalisasi akan menjadi indah dan juga nyaman untuk berdagang dan masyarakat yang akan ke sana. Tapikan ini masalah komunikasi yang dalam perjalanannya ada revitalisasi tentu ada tempat-tempat yang tidak boleh digunakan, ini yang harus dicarikan solusi oleh Pemkot Palembang,” tandas dia.  

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut