Kedatangan Konsultan FIFA, PSSI Sodorkan 5 Hal Pengembangan Sepakbola Indonesia

Sidra
.
Rabu, 07 September 2022 | 08:35 WIB
Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Technical Consultant dari Divisi Pengembangan Sepakbola Global FIFA, Jose Ariston Padre Caslib, saat berdiskusi di di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022). (iNewspalembang.id/pssi.org)

JAKARTA, iNewspalembang.id – PSSI kedatangan Regional Technical Consultant dari Divisi Pengembangan Sepakbola Global FIFA, Jose Ariston Padre Caslib.

Agenda kunjungan Jose Ariston Padre Caslib ini diantaranya melihat secara umum pengembangan yang sudah dijalankan dan program yang tengah dan akan dijalankan, diskusi terkait pengembangan grassroot dan usia muda, program kepelatihan, program strategi pengembangan regional teknik, sepakbola amatir, sepakbola wanita dan kompetisi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan, kedatangan Regional Technical Consultant FIFA ke PSSI untuk melihat langsung program pengembangan sepakbola yang dijalan PSSI melalui Direktorat Teknik, menyangkut beberapa aspek mulai dari pengembangan kepelatihan, grassroot, sepakbola wanita dan kompetisi.

“Dua tahun terakhir PSSI sulit menjalankan beberapa program pengembangan sepakbola akibat pandemi. Tapi sejak 2021, PSSI bekerja keras menjalankan kembali program dibawah direktorat teknik. Kedatangan konsultan FIFA ini sangat dibutuhkan untuk memberi dukungan terbaik dalam menjalankan program pengembangan yang sudah dan akan dijalankan” kata dia, saat bertemu di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta pada Selasa (6/9/2022).

Saat berdiskusi dengan Jose Ariston Padre Caslib, Yunus Nusi sendiri ditemani Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Kepala Departemen Pengembangan Pelatih Yeyen Tumena, Kepala Departemen Pengembangan Usia Muda Mundari Karya dan Kepala Departemen Sepakbola Wanita Papat Yunisal bersama staff direktorat teknik.

Yunus mengungkapkan, kunjungan dan kedatangan konsultan FIFA merupakan bentuk kepedulian FIFA terhadap anggotanya, untuk bisa menjalankan program di negara masing-masing dengan berbagai saran, yang tujuannya untuk memajukan sepakbola dalam negeri melalui program pengembangan yang terstruktur.

Sementara, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menjelaskan, ada lima hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sepakbola di Indonesia yakni, infrastruktur, pengembangan kurikulum, pengembangan kepelatihan, pengembangan pelatih dan kompetisi.

“Lima hal ini perlu difokuskan dan kedatangan konsultan FIFA sangat membantu kami dalam menjawab tantangan yang muncul dalam penerapan program pengembangan ini” jelas dia.

Diskusi dan pengembangan program konsultan FIFA bersama Direktorat Teknik PSSI akan berlangsung selama 3 hari mulai Selasa (6/9/2022) hingga Kamis (8/9/2022).

Agenda kunjungan akan ditutup dengan diskusi dan umpan baik dari FIFA, serta kesimpulan yang akan disampaikan diakhir kunjungan pada Kamis (8/9/2022) nanti.

 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini